Jangan Anggap Sepele Coretan

Bryan Jevoncia
BERAWAL dari kegemarannya mencoret-coret dinding rumah, Bryan Jevoncia, 7, kini mendadak terkenal dan menjadi bahan perbincangan sebagian warga Kalimantan Barat (Kalbar). Wajah dan cerita tentang sosok bungsu dari empat bersaudara itu kini kerap menghiasi halaman sejumlah media massa, karena dianggap telah mengharumkan nama daerah, bahkan Indonesia ke pentas dunia.

Titi, demikian siswa kelas 2 Sekolah Dasar Suster Pontianak ini biasa dipanggil, merupakan salah satu pemenang lomba desain perangko internasional 2007 yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Agustus lalu. Bersama pemenang dari lima negara lainnya, putera dari pasangan Bong Yaw Shong, 47, dan Rosina Pardiman, 43, ini dijadwalkan terbang ke Markas PBB di New York, Amerika Serikat untuk menerima penghargaan tersebut pada 17 Oktober 2007.

Menggambar bukanlah hal yang asing bagi Bryan. Bakat terpendam yang dimilikinya ini sebenarnya sudah tampak sejak dia masih berusia dua tahun. Saat itu, dia kerap mencoret-coret dinding rumahnya sehingga hampir seluruh bagian rumah itu penuh dengan goresan tangannya. Akibat ulah Bryan itu, orangtuanya sempat memutuskan tidak mengecat rumah selama empat tahun berturut-turut.

“Kegemarannya itu tidak bisa dicegah. Kami sudah berkali-kali mengecat rumah untuk menghilangkan coretannya, namun tetap saja dicoretnya lagi. Akhirnya saat itu kami biarkan rumah kami dipenuhi dengan coretan-coretan Bryan,” kata Rosina, Selasa (2/10)

Awalnya, coretan Bryan masih serampangan dan tidak berbentuk, namun lama kelamaan mulai mengarah pada pola dan bentuk tertentu, sesuai dengan daya imajinasinya. Melihat bakat terpendam itu, Rosina kemudian membimbing dan mengarahkan kemampuan Bryan, diantaranya mengikutkannya pada sebuah sanggar dan sejumlah lomba mewarnai dan menggambar.

“Saat usia tiga tahun dia sudah bisa menggambar sebuah pesawat milik salah satu maskapai penerbangan domestik dengan bagus. Lengkap dengan Logonya. Kebetulan saat itu kami baru saja mengajaknya ke Bandara (Supadio),” jelas Rosina yang memiliki usaha penjualan gorden tersebut.

Bryan terpilih sebagai pemenang International Children’s Art Competition setelah karyanya yang berjudulKeterampilan dianggap sesuai dengan tema kompetisi tersebut, yakni We Can End Poverty (kita dapat mengakhiri kemiskinan). Karya bocah yang bercita-cita menjadi dokter ini menggambarkan salah satu kegiatan pada sebuah usaha konveksi.

“Saya menggambar orang yang tengah menjahit baju karena sering melihat mama menjahit. Kata mama, menjahit adalah keterampilan yang dapat memberantas kemiskinan,” ujar Bryan.

Kabar tentang keberhasilan Bryan menjuarai kompetisi ini pertama kali diterima Rosina dari Staf Kedutaan Besar Indonesia di PBB pada awal Agustus lalu dan disusul dengan pemberitahuan dari Departemen Luar Negeri serta surat resmi dari Markas PBB.

“Saya langsung loncat-loncat di tempat tidur ketika pertama kali dikasih tahu mama tentang kemenangan itu,” aku Bryan polos. Saat ditelepon staf kedubes RI jam di rumah Bryan baru menunjukan pukul 04.00 WIB.

Harapan Bryan dan ibunya untuk menghadiri penerimaan penghargaan itu sempat pupus. Pasalnya, panitia tidak menyediakan biaya transportasi dan akomodasi selama berada di New York. Padahal, dana yang dibutuhkan itu sangat besar sehingga mereka tidak mampu menanggungnya. Sementara pihak Deplu yang telah berkali-kali dihubungi Rosina hingga kini belum memberikan kepastian mengenai masalah pembiayaan tersebut.

“Setiap kali dihubungi, pihak deplu selalu bilang masih mencari sponsor untuk memberangkatkan kami. Janjinya Jum’at ini (5/10) mereka akan memberikan kepastian itu,” ujarnya lirih.

Kegalauan Rosina kini berlahan sirna ketika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar berjanji akan menanggung seluruh biaya keberangkatan dan akomodasi. Tak hanya itu, pemprov juga akan menguruskan paspor dan seluruh persyaratan administasi keberangkatan Bryan dan Rosina ke New York. Kepastian ini diperoleh setelah mereka diterima Wakil Gubernur Kalbar LH kadir, Rabu pekan lalu. (26/9).

“Keberangkatan ke New York akan menjadi catatan tersendiri. Bukan hanya bagi Bryan, tetapi juga bagi daerah dan negeri ini. Karena itu, saya selalu berdo’a agar Bryan bisa menerima langsung penghargaan itu,” katanya dengan mata berkaca-kaca.

Meskipun telah menerima pemberitahuan resmi dari Markas PBB, namun hingga kini Rosina belum mengetahui bentuk penghargaan atau hadiah yang akan diterima puteranya. Sebab, dalam pengumuman sayembara dan surat pemberitahuan resmi, Markas PBB tidak menyantumkan hadiah yang akan diterima oleh para pemenang. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Jangan Anggap Sepele Coretan
Jangan Anggap Sepele Coretan
https://2.bp.blogspot.com/-7WeysMAm3X0/Wal_Gi1d0AI/AAAAAAAADgw/TsXFcy5rReYD8lyx5qLsO7kjfZCCJNTzQCLcBGAs/s200/Inspirasi_Bryan%2BJevoncia.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-7WeysMAm3X0/Wal_Gi1d0AI/AAAAAAAADgw/TsXFcy5rReYD8lyx5qLsO7kjfZCCJNTzQCLcBGAs/s72-c/Inspirasi_Bryan%2BJevoncia.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2007/10/jangan-anggap-sepele-coretan.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2007/10/jangan-anggap-sepele-coretan.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy