Cheng Bheng, Wujud Bakti kepada Leluhur

Ziarah Kubur Tionghoa
ETNIK Tionghoa memiliki tradisi cukup kuat dalam menghormati orang tua atau orang yang dituakan dalam sebuah keluarga atau komunitas mereka. Rasa hormat itu tidak saja diberikan kepada yang bersangkutan saat masih hidup tetapi juga ketika mereka telah meninggal.

Salah satu tradisi tersebut ialah ritual sembahyang kubur atau dikenal dengan sebutan Ching Ming atau Cheng Bheng. Ritual ini dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada periode kelima dari 24 periode pergantian musim menurut penanggalan Imlek, dan setiap tanggal 1-15 bulan ke-7 Imlek.

Selama rentang waktu sekitar dua pekan itu, warga Tionghoa beserta keluarga besar berziarah ke makam orang tua atau para leluhur mereka. “Saya akan menziarahi kuburan kakek dan bapak saya. Sudah lama saya tidak berziarah ke sana,” kata Ajan,34, saat dalam penerbangan Jakarta-Pontianak, beberapa waktu lalu.

Ajan ketika itu berangkat dari Jakarta bersama paman dan bibinya. Mereka hendak melaksanakan ritual sembahyang kubur di salah satu pemakaman di Desa Purun. Adapun isteri beserta anaknya tidak ikut serta ke Pontianak.

Ajan mewakili saudara-saudara kandungnya yang tidak sempat pulang kampung karena kesibukan kerja di Jakarta. Ini merupakan pengalaman pertamanya bersembahyang kubur ke makam orang tua.

“Saya diutus kakak dan adik untuk bersembahyang kubur di makam bapak, yang meninggal tahun lalu,” ujarnya.   

Prosesi ziarah pada sembahyang kubur dimulai dengan membersihkan makam dan mendoakan mendiang. Setelah itu, dilanjutkan dengan rangkaian ritual lainnya, seperti pembakaran dupa, kertas hio dan replika uang kertas di atas makam.  

Sesajian berupa tiga jenis daging hewan, darah ayam, dan minuman teh juga tidak lupa mereka persembahkan kepada arwah leluhur. Rangkaian ritual ini kemudian ditutup dengan menaburkan replika uang kertas di sekililing makam sebagai penanda bahwa makam tersebut baru saja diziarahi keluarganya.

Makam terawat dan selalu dikunjungi di setiap perayaan Cheng Bheng sekaligus membuktikan bahwa mendiang memiliki keluarga penuh perhatian meskipun mereka kini hidup di alam berbeda. Sebaliknya, makam yang kotor dan tidak terawat menjadi cermin ketidakpedulian keluarga yang masih hidup, atau bisa jadi mendiang semasa hidupnya memang sebatang kara.

Bagi sebagian warga Tionghoa perayaan Cheng Bheng jauh lebih bermakna daripada tahun baru Imlek dan Cap Go Meh. Para perantau biasanya sedapat mungkin berusaha pulang ke kampung halaman agar bisa menziarahi makam orang tua atau leluhur mereka.  

Menurut Budayawan Tionghoa Kalimantan Barat XF Asali Cheng Bheng menjadi ritual wajib bagi warga Tionghoa, sebagai wujud bakti seorang anak kepada orang tua atau pendahulu mereka. Oleh karena itu, setiap keluarga, paling tidak harus mengirim seorang utusan untuk berziarah ketika yang lain berhalangan atau tidak bisa mengikuti ritual tersebut.

“Utusan itu bisa berasal dari perantauan, bisa juga yang memang berdomisili di kampung halaman mereka,” jelas Asali, beberapa waktu lalu. 

Setiap perayaan Cheng Bheng arus kedatangan penumpang pesawat udara pun membeludak. Berbagai armada penerbangan dipenuhi warga Tionghoa dari dalam maupun luar negeri,  yang hendak berziarah. Semua tiket pesawat udara dari dan ke Pontianak bahkan selalu habis dipesan (full bocked).  (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Cheng Bheng, Wujud Bakti kepada Leluhur
Cheng Bheng, Wujud Bakti kepada Leluhur
https://2.bp.blogspot.com/-ftsAV98vMzs/War5KiCf6wI/AAAAAAAADkQ/eNxkr9KKLxspHrI6QuQaemid_eR7RcCjACLcBGAs/s200/Tradisi_Cheng%2BBheng.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-ftsAV98vMzs/War5KiCf6wI/AAAAAAAADkQ/eNxkr9KKLxspHrI6QuQaemid_eR7RcCjACLcBGAs/s72-c/Tradisi_Cheng%2BBheng.JPG
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2010/04/cheng-bheng-wujud-bakti-kepada-leluhur.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2010/04/cheng-bheng-wujud-bakti-kepada-leluhur.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy