Pupus Kemiskinan di Singkawang

Program Keluarga Berencana
PERSEPSI tentang etnik Tionghoa yang selalu diidentikkan dengan kekayaan dan pola hidup mewah seakan pupus jika kita melihat lebih jauh kehidupan warga Tionghoa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Kondisi keluarga yang tinggal di permukiman kumuh dan padat penduduk serta terisolasi bukan hal yang sulit ditemukan di sini. Potret buram itu dapat dijumpai di beberapa pelosok perkampungan Tionghoa di kota yang berjarak sekitar 130 kilometer dari ibu kota Kalbar, Pontianak.

‘’Stereotip bahwa etnik Tionghoa jago berdagang (menguasai perekonomian) itu keliru. Buktinya banyak warga Tionghoa di sini yang hidup di bawah garis kemiskinan,’’ kata Wali Kota Singkawang Hasan Karman, di Singkawang, beberapa waktu lalu.

Etnik Tionghoa merupakan etnik terbesar di Singkawang. Populasi etnik ini mencapai hampir separuh dari 200 ribu jiwa penduduk. Sebagian dari mereka  termasuk kategori 16.412 warga miskin di Singkawang.

Keluarga miskin itu menggantungkan pendapatan hidupnya sebagai petani penggarap, nelayan, pedagang tradisional, dan bekerja di sektor informal lainnya.

Tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan mereka akhirnya terperosok ke dalam jurang kemiskinan. Sebaliknya, dengan pendapatan yang minim, sulit bagi mereka untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Seorang ekonom terkenal, Sjahrir, bahkan sempat tercengang saat menyaksikan kehidupan warga Tionghoa di Singkawang. Ia baru menyadari ternyata tidak semua etnik Tionghoa di Indonesia memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, seperti yang selama ini disangkakan banyak orang.

‘’Almarhum Dr Sjahrir menyatakan hal itu ketika beliau berkunjung ke Singkawang pada saat perayaan Cap Go Meh 2007,’’ ungkap Hasan yang juga berdarah Tionghoa ini.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah setempat untuk memutus mata rantai kemiskinan yang melilit warga Tionghoa. Salah satunya dengan menggalakkan program Keluarga Berencana (KB).

Program pengaturan jarak kelahiran ini dinilai dapat menjadi salah satu solusi atau langkah awal untuk menyejahterakan mereka. Setidaknya, program ini mampu meringankan beban hidup keluarga sehingga pendapatan yang serbaterbatas itu bisa dialokasikan untuk biaya pendidikan dan modal usaha.

Namun, upaya penyadaran tentang pentingnya mengikuti program KB ini tidak berjalan mulus. Para petugas sering kali harus berhadapan dengan sikap tertutup warga dan hambatan komunikasi.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang kemudian merangkul Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) setempat sebagai mitra kerja dalam menggalakkan program KB di kalangan komunitas Tionghoa. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Pupus Kemiskinan di Singkawang
Pupus Kemiskinan di Singkawang
https://4.bp.blogspot.com/-MPInx4_HIts/Waq_BVOJymI/AAAAAAAADi8/9xN64WuZpkguJo0uCjhccy-Ftk4hJF2mwCLcBGAs/s200/Ekonomika_Pupus%2BKemiskinan%2BSingkawang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-MPInx4_HIts/Waq_BVOJymI/AAAAAAAADi8/9xN64WuZpkguJo0uCjhccy-Ftk4hJF2mwCLcBGAs/s72-c/Ekonomika_Pupus%2BKemiskinan%2BSingkawang.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2010/05/pupus-kemiskinan-di-singkawang.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2010/05/pupus-kemiskinan-di-singkawang.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy