Silaturahim yang tidak Memudar

Sengketa Tapal Batas
TENDA berukuran 6x12 dan 4x6 meter berdiri di halaman samping kediaman Raihan bin Rajis di Desa Temajok, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sang tuan rumah tengah menggelar selamatan keberangkatan haji.

Satu per satu tetamu pun berdatangan, seiring pemberitahuan dari panitia melalui pengeras suara. Salah satu tamu itu adalah Ketua Kampung Telok Melano, Serawak, Malaysia. “Kami memang selalu mengundang kepala kampung dan warga Telok Melano setiap kali ada hajatan. Begitu pula sebaliknya,” kata Kepala Desa Temajuk Mulyadi, Kamis (13/10).

Silaturahim antarwarga di kedua wilayah yang berbeda negara itu bahkan tidak hanya terjadi pada saat hajatan. Pada perayaan kemerdekaan Indonesia atau Malaysia, mereka juga membaur dan merayakan bersama.

Sejak sekitar sepekan lalu, Kecamatan Paloh di Kalbar tersebut memang ramai digunjingkan orang. Persoalannya, tak lain adalah sengketa perbatasan antara RI dan Malaysia. (BACA: Camar Bulan Mencari Induknya)

Adalah anggota Komisi I DPR RI (F-PDIP) Tb Hasanuddin yang pertama kali mengungkap masalah kedaulatan negara itu. Dari hasil investigasi yang dilakukannya, dia menemukan sebuah dokumen rahasia yang menyebutkan adanya klaim Malaysia atas wilayah Camar Bulan dan Tanjung Datu.

Oleh Malaysia, Camar Bulan dicantumkan dalam peta teritorial mereka. Sedikitnya, 1.499 hektare kawasan di Camar Bulan itu diklaim sebagai bagian dari wilayah Kampung Telok Serabang.

Tak pelak, polemik mengenai tapal batas negara itu membingungkan warga setempat. Pasalnya, mereka selama ini menganggap kawasan tersebut merupakan wilayah Indonesia. “Dahulu pemerintah juga yang menyuruh (mengolah lahan). Eh, ternyata sekarang malah dianggap sebagai wilayah Malaysia. Mana yang benar?” kata Asman, 39, warga Camar Bulan.

Tidak hanya itu, warga juga didera kekhawatiran mengenai status kepemilikan lahan dan keselamatan jiwa saat berkebun. Mereka merasa takut ditangkap aparat polisi kehutanan Malaysia, yang memang sering berpatroli di sekitar wilayah tersebut.

Hubungan dagang di antara kedua wilayah beda negara itu juga sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. “Beras, telur, dan gula yang saya jual ini dibeli dari Telok Melano. Lokasinya tidak jauh dan kualitas barangnya bagus,” jelas Asman, yang sehari-harinya berjualan kebutuhan pokok di Camar Bulan.

Selain transaksi dagang, interaksi sosial maupun jalinan silaturahim antarwarga desa itu memang nyaris tak mungkin diakhiri. Pasalnya, sebagian besar warga di Desa Temajok dan Kampung Telok Melano serta Kampung Telok Serabang masih memiliki ikatan kekerabatan kuat.

Walau demikian, sejumlah warga yang diwawancarai menandaskan, mereka tegas mengatakan tetap mencintai Indonesia sebagai Tanah Air. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Silaturahim yang tidak Memudar
Silaturahim yang tidak Memudar
https://4.bp.blogspot.com/-Z6xBO7QfJTM/WMmsNm7uwqI/AAAAAAAADHY/rgYYhD6o2IE4CN6qmUny3BoNSpkvic19gCLcB/s200/Beranda%2BNegeri_Plang%2BNKRI_3.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Z6xBO7QfJTM/WMmsNm7uwqI/AAAAAAAADHY/rgYYhD6o2IE4CN6qmUny3BoNSpkvic19gCLcB/s72-c/Beranda%2BNegeri_Plang%2BNKRI_3.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2011/10/tenda-berukuran-6x12-dan-4x6-meter.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2011/10/tenda-berukuran-6x12-dan-4x6-meter.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy