Menuntut Ilmu di Sekolah Reyot

Camar Bulan, Temajuk, Sambas
BEBERAPA siswa berhamburan keluar dari ruang kelas. Langkah mereka tiba-tiba berhenti persis di muka pintu ruang dewan guru. ‘’Bu, pintunya rusak,’’ teriak seorang siswa, Walini, 7.

Siswa tersebut melaporkan pintu ruang kelasnya rusak. Namun, laporan itu hanya ditanggapi dengan senyum kecut dari beberapa guru, ‘’Ini pintu yang tadi dibilangkan (dilaporkan) sisa, engselnya lepas,’’ kata Parida, guru wali kelas I sambil menunjuk daun pintu di ruang dia mengajar.

Kerusakan daun pintu ruangan kelas I di Sekolah Dasar Negeri 16 Temajuk terbilang parah. Selain kerusakan pada engsel, daun pintu itu nyaris tidak berbentuk karena keropos dan penuh lubang. Kerusakan itu bukan satu-satunya. Hampir semua bagian dan fasilitas belajar di kelas tersebut rusak berat. (BACA: Camar Bulan Mencari Induknya)

Dinding dan plafon kelas jebol. Meja dan kursi belajar reyot, bahkan papan tulis pun bolong-bolong. ‘’Atap kelas juga bocor sehingga saat hujan, bangku dan meja siswa harus digeser ke tempat yang tidak terkena tempias dan cucuran air,’’ ungkap Parida.

Ruang kelas itu ditempati 16 siswa. Lokal (ruang kelas) yang digunakan sejak tiga tahun lalu itu belum pernah diperbaiki sama sekali. Padahal, pihak sekolah sudah melaporkan masalah tersebut ke dinas pendidikan setempat.

‘’Ruangan ini bekas tempat tinggal penjaga sekolah. Sebelumnya siswa kelas I dan kelas II menggunakan satu lokal secara bergantian,’’ jelas Wakil Kepala SD Negeri 16 Temajuk, Hamimah.

Kerusakan tersebut sangat mengganggu konsentrasi siswa dan guru yang mengajar. Mereka merasa khawatir tertimpa reruntuhan bangunan. Kondisi beberapa bangku yang tidak memiliki sandaran juga menyebabkan siswa cepat kelelahan.

Selain kondisi ruang kelas, para guru pun mengeluhkan ketiadaan rumah dinas dan tunjangan yang tersendat, berupa insentif untuk tenaga pendidik yang bertugas di kawasan perbatasan Indonesia. (BACA: Jalur Maut di Kawasan Pendaratan Penyu)

Insentif tersebut seharusnya diterima setiap bulan. Namun, sejak 2008 sebagian guru di sekolah itu hanya menerima empat kali pembayaran tunjangan. Ada juga guru lain yang tidak menerima tunjangan sama sekali.

‘’Tunjangan itu katanya untuk guru yang mengajar minimal 2 tahun. Ada guru di sini yang sudah mengajar 8 tahun tetapi tidak juga mendapat tunjangan,’’ beber Nurmila, guru kelas V.

Siswa asing
SDN 16 Temajuk merupakan sekolah dasar satu-satunya di Dusun Camar Bulan. Sekolah tersebut dibangun pada 1986 dan saat ini memiliki 100 siswa.

Salah satunya berkewarganegaraan Malaysia, yakni Nur Elisa, 8, siswa kelas II. Dia tinggal di Kampung Telok Melano, Serawak. Ayahnya, Pendi, berasal dari Telok Melano, dan ibunya, Emi, berasal dari Dusun Camar Bulan. (BACA: Tetap Bersaudara di Tengah Konflik Tapal Batas)

Elisa dilahirkan di kampung halaman ibunya di Camar Bulan dan berakta kelahiran Indonesia. Orangtuanya telah berupaya mendapatkan akta kelahiran Malaysia agar Elisa bisa bersekolah di Telok Melano. Mereka bahkan telah menghabiskan RM6 ribu atau sekitar Rp17 juta untuk mengurus akta dan sekolah di Malaysia.

Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil. Akhirnya Elisa harus bersekolah di Indonesia. Setiap hari ibunya mengantar Elisa ke sekolah di Temajuk dengan menggunakan sepeda motor. Jarak tempuh 20 menit dilakoni ibu dan anak yang terbilang cukup cerdas itu.

Hamimah bersedia menerima Elisa dengan pertimbangan kemanusiaan. Pihak sekolah pun siap menanggung risiko jika kebijakan menerima siswa dari warga negara asing dianggap melanggar prosedur dan peraturan pemerintah. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Menuntut Ilmu di Sekolah Reyot
Menuntut Ilmu di Sekolah Reyot
https://3.bp.blogspot.com/-EhhvSEi5T8M/WMmWXb1vcsI/AAAAAAAADGU/gCQ3PhsX0Kc84xMm9pfWfkMmBTZBHaGswCLcB/s200/Beranda%2BNegeri_Sekolah%2BCamar%2BBulan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-EhhvSEi5T8M/WMmWXb1vcsI/AAAAAAAADGU/gCQ3PhsX0Kc84xMm9pfWfkMmBTZBHaGswCLcB/s72-c/Beranda%2BNegeri_Sekolah%2BCamar%2BBulan.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2011/11/menuntut-ilmu-di-sekolah-reyot.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2011/11/menuntut-ilmu-di-sekolah-reyot.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy