Siap Beradu dengan Produk Impor

BORNEO Lentera Prima merupakan 1 di antara 3 sentra kerajinan keramik tradisional di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang masih aktif berproduksi.

Usaha ini setiap bulan rata-rata menghasilkan 6.000 tembikar dengan berbagai model dan ukuran.

Kondisi tersebut kontras dengan usaha serupa yang banyak terdapat di sekitarnya, di Kelurahan Sedau, Kota Singkawang.    (BACA: Jelaga Tersisa di Tungku Naga)

Banyak usaha sejenis bertumbangan karena dililit sejumlah persoalan, mulai krisis bahan baku hingga persaingan dengan keramik impor dari Tiongkok.

“Bahan baku kami beli dari Capkala (Kabupaten Bengkayang). Kami juga punya lahan (galian) sendiri, tapi belum digunakan karena masih bisa beli dari orang lain,” kata Manajer Borneo Lentera Prima Tji Njung Muis, pertengahan Maret lalu.

Ada dua jenis bahan baku yang mereka gunakan, yakni tanah berkaolin yang didatangkan dari Kabupaten Bengkayang dan tanah lempung yang diambil dari sekitar pabrik.

Tanah lempung digunakan untuk membuat beraneka pot bunga, sedangkan tanah berkaolin digunakan untuk membuat guci, suvenir, dan beragam jenis keramik lainnya.

Borneo Lentera Prima termasuk pemain baru dalam bisnis keramik di Singkawang. Usaha ini baru berdiri pada 28 Oktober 1998. Namun, pemilik, pimpinan, dan pekerjanya telah berpengalaman di bidang tersebut selama puluhan tahun.

“Saya menggeluti pembuatan keramik sejak usia 23 tahun. Dimulai sebagai pekerja di Sinar Terang,” kata Bong Lie Phin, 49, direktur yang juga pemilik Borneo Lentera Prima.

Sejumlah strategi pemasaran diterapkan untuk bertahan dan bersaing dengan produk serupa, terutama keramik asal Tiongkok.

Mereka juga melakukan upaya diversifikasi produk. Selain tempayan atau guci bermotif naga dan ornamen khas Tionghoa, mereka memproduksi aneka guci bermotif tradisional Dayak dan kaligrafi Islam.

“Sesuai pesanan. Kalau ada yang minta motif tulisan Arab (kaligrafi ), ya, kami buat. Begitu pula kalau ada yang minta dibuatkan logo perusahaan,” jelas Muis.

Selain itu, sentra kerajinan ini memproduksi berbagai suvenir berupa asbak, replika bunga, buah dan hewan, serta beragam hiasan lainnya.

Suvenir itu biasanya dijadikan cendera mata bagi wisatawan yang berkunjung ke Singkawang.

Industri keramik ini memiliki galeri dan agen penjualan di Jakarta, selain galeri di Sedau dan berpromosi di internet.

Bong bahkan mengaku sering kesulitan memenuhi pesanan karena permintaan dari berbagai daerah terus berdatangan, termasuk permintaan ekspor.

“Bulan depan (April) kami mengekspor 360 guci ke Filipina. Selama ini sekitar 30% hingga 40% produk kami memang diekspor ke Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina,” bebernya.

Itu sebabnya Bong optimistis dengan masa depan bisnisnya sehingga ia tidak sedikit pun merasa khawatir terhadap serbuan produk Tiongkok.

Ia yakin usaha ini mampu menyaingi produk impor. Keramik mereka memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. “Keramik kami motifnya timbul, diolah secara alami dan buatan tangan. Kalau keramik Tiongkok buatan pabrik, motifnya berupa gambar cetakan, seperti porselen,” tegasnya. (Aries Munandar)   LANJUT KE: Mengubah Tanah Lempung Menjadi Bernilai
lihat juga di sini

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Siap Beradu dengan Produk Impor
Siap Beradu dengan Produk Impor
https://4.bp.blogspot.com/-60qUD53qkSg/WJB3Nk_6PPI/AAAAAAAACY0/GIkR1-KP7_YVX5KFkf431wuIQuF3aaMyQCLcB/s200/Pewarnaan%2BIV.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-60qUD53qkSg/WJB3Nk_6PPI/AAAAAAAACY0/GIkR1-KP7_YVX5KFkf431wuIQuF3aaMyQCLcB/s72-c/Pewarnaan%2BIV.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2012/04/siap-beradu-dengan-produk-impor.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2012/04/siap-beradu-dengan-produk-impor.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy