Fespa, Wujud Syukur Penyelamat Penyu

Pelestarian Penyu di Paloh
MALAM mulai merambat pagi, mesin pemangkas rumput masih menderu di Kompleks Pesantren Akhlaqul Karimah. Mesin yang dikendalikan seorang pekerja itu membabat setiap jengkal rumput tinggi hingga menjadi rata dengan tanah.

Di bawah penerangan lampu sorot, sang pekerja terus mengayunkan tongkat berbaling-baling tersebut. Butir keringat pun mengucur dari tubuhnya. Ia seakan berlomba dengan pekerja lain yang membangun panggung beserta ornamennya.

Para pekerja harus pontang-panting karena semua pekerjaan mesti dituntaskan dalam semalam. Itu mirip kisah Bandung Bondowoso dalam legenda Roro Jonggrang atau Sangkuriang dalam cerita Tangkuban Perahu.

Halaman pesantren yang berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, itu tengah dipersiapkan sebagai pusat kegiatan Festival Pesisir Paloh (Fespa). (BACA: Berebut Telur Menuai Konflik)

“Ini membuktikan bahwa kita mampu. Hanya dalam satu malam, semua ini (persiapan acara) selesai,” kata Ketua Kambau Borneo Muraizi, saat pembukaan Fespa, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Festival tersebut semula dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Merbau di Desa Sebubus. Namun, pihak pengelola dermaga tiba-tiba urung memberikan izin dengan alasan fasilitas tersebut belum diresmikan.

Keputusan yang dikeluarkan sehari menjelang pembukaan festival itu membuat panitia kelabakan. Mereka sudah telanjur menyiapkan fasilitas pendukung acara di dermaga tersebut.

“Pemandangan di dermaga bagus karena berlatar belakang mangrove sehingga nuansa (kawasan) pesisirnya terasa,” jelas ketua panitia Dwi Suprapti.

Panitia akhirnya memindahkan lokasi kegiatan ke halaman Pesantren Akhlaqul Karimah. Lokasi tersebut berada di tengah permukiman warga dan jauh dari pesisir pantai.

Semangat panitia yang nyaris redup akibat persoalan lokasi tersebut kembali terlecut karena dukungan dan bantuan warga. Mereka tidak ingin festival yang baru pertama kali digelar itu berantakan dan dibatalkan.

Fespa merupakan salah satu bentuk kampanye konservasi pelestarian penyu. Kampanye tersebut masih dilestarikan sampai sekarang. (BACA: Kisah Sukses Kambau Borneo)

Acara itu dikemas dalam beragam pentas seni dan budaya lokal serta berbasis konservasi. Fespa sekaligus memperingati setahun berdirinya Kambau Borneo.

Dalam festival tersebut, kelompok penyelamat telur penyu telah berhasil menyelamatkan 123.500 telur penyu, dari target yang ingin dicapai sebanyak 130.144 butir telur. Jumlah tersebut sekitar 98% dari 1.328 sarang penyu yang bisa diselamatkan tahun ini. (BACA: Mangrove Melawan Mitos Obat Kuat)

“Tidak ada kata mundur dalam melestarikan penyu. Kambau Borneo bahkan pernah memecat anggotanya karena mencuri telur penyu,” ungkap Muraizi.

Dwi menambahkan kemampuan menetas telur penyu di Paloh cukup tinggi, yakni sekitar 85%. Namun seperti penyu lainnya, daya bertahan hidup mereka di alam bebas sangat rendah. Telur dan anak penyu (tukik) kerap menjadi mangsa hewan lain dan diburu manusia.

“Dari 1.000 tukik, hanya satu yang bisa bertahan hidup hingga dewasa,” jelas Dwi yang juga berprofesi sebagai dokter hewan. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Fespa, Wujud Syukur Penyelamat Penyu
Fespa, Wujud Syukur Penyelamat Penyu
https://2.bp.blogspot.com/-xwgIvTCQW3Y/WJ8okggkhRI/AAAAAAAACvk/gFDdVt-WY5cq8u_tAEbfDSK_b3Ws1PMawCLcB/s200/Ekologi_Kambau_4.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-xwgIvTCQW3Y/WJ8okggkhRI/AAAAAAAACvk/gFDdVt-WY5cq8u_tAEbfDSK_b3Ws1PMawCLcB/s72-c/Ekologi_Kambau_4.JPG
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2012/08/fespa-wujud-syukur-penyelamat-penyu.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2012/08/fespa-wujud-syukur-penyelamat-penyu.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy