Buka Sekat Terabas Pekat

Beragam kisah dan potret kehidupan di perbatasan negara diwartakan melalui puluhan weblog. Itu upaya warga menembus keterpencilan.

ARIES MUNANDAR

KEBANGGAAN memancar di wajah Nobelius, 40. Kelelahan menempuh perjalanan jauh seakan sirna oleh kabar gembira yang ia dapat.

Dua karya foto Nobel, panggilan karib pria itu, terpilih sebagai yang terbaik dalam kejuaraan Border Blogger Movement (BBM). Itu merupakan program pelatihan jurnalisme di daerah perbatasan dan terpencil.

Namun, bukan juara dan hadiah yang membuat Nobel bangga. “Saya senang karena bisa menampilkan daerah saya di perbatasan sana kepada dunia,” tuturnya, awal bulan lalu.

Nobel ialah warga Kecamatan Nangabadau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Untuk bepergian ke Pontianak, ibu kota provinsi, ia harus mengarungi perjalanan 960 kilometer.

Siang itu, letih dan rasa kantuk sebenarnya masih membebat Nobel. Mobil yang membawanya menuju Pontianak harus melewati beberapa ruas jalan berkondisi rusak parah. Karena itu, ia semalaman tidak bisa beristirahat. “Saya masih mengantuk,” katanya.

Desa Nobel berada di perbatasan Indonesia-Malaysia. Siang itu, lelaki berdarah Dayak Iban itu datang ke Pontianak untuk menerima penghargaan. 

Nobel didaulat tampil di tengah pertemuan penulis Borneo, yang dihadiri penulis dari Kalimantan Barat dan Serawak, Malaysia.

Nobel menyabet dua penghargaan sekaligus, yakni Terbaik I dan Terbaik III untuk kategori foto. Foto Terbaik I berjudul Bekerja di Kegelapan, memotret aktivitas sekelompok warga saat mempelajari peta tanpa penerangan listrik. Sementara itu, Foto Terbaik III berjudul Ngemak Lanjek, memotret lelaki paruh baya sedang memanggul keranjang penuh barang. 

Posisi kedua ditempati J Ipung Wijanarko dari Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, yang memotret pedagang keliling bersepeda motor yang terjebak di jalanan pantai.

Setiap pemenang dihadiahi uang tunai dan sertifikat dari penyelenggara program. Penghargaan serupa juga diberikan kepada pemenang kategori tulisan, bloger potensial, dan bloger produktif.

“Penghargaan ini menyemangati saya untuk terus ngeblog,” kata Hendro Susanto, peraih Karya Terbaik I kategori tulisan.

Jurnalisme kampung
Border Blogger Movement merupakan program pelatihan jurnalisme warga untuk masyarakat di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat. BBM digagas bloger dan jurnalis di Pontianak yang bergabung dalam Borneo Blogger Community (BBC) dan Mata Enggang.

Program tersebut melatih warga menulis ala jurnalisme kampung, yang merupakan pengembangan dari model jurnalisme warga. Dalam jurnalisme kampung, metode dan teori penulisan disederhanakan sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

Di antaranya, penggunaan rumus adisikamba, kependekan dari ‘apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana’. Istilah itu diadopsi dari rumus dasar penulisan jurnalistik 5W+1H alias what, where, who, when, why, and how.

“Formulasi 5W+1H masih sulit dimengerti awam. Mereka harus mencerna dua kali, yakni dari bahasa Inggris ke Indonesia” kata Severianus Endi, mentor pelatihan.

Setiap peserta juga belajar teknik sederhana tentang fotografi dan videografi. Karya mereka selanjutnya dipublikasikan di weblog masing-masing. Keterampilan membuat, merancang, dan mengelola weblog juga mereka peroleh dalam pelatihan tersebut.

“Selain terampil menulis dan memotret, mereka memiliki media sendiri, yakni weblog,” kata Manajer Program BBM Asriyadi Alexander Mering.

Setelah dilatih dan memiliki weblog, peserta diminta memublikasikan minimal tiga karya mereka setiap pekan. Untuk menyokong aktivitas tersebut, setiap bloger dibekali satu modem internet plus pulsa gratis setiap bulan.

Peserta yang telah dilatih terus dibimbing dan dipantau perkembangannya oleh mentor masing-masing. Bloger pemula itu kerap berdiskusi dan berkonsultasi dengan mentor mereka, secara bertatap muka, melalui telepon ataupun dunia maya.

Jejaring informasi
Program BBM berlangsung selama enam bulan efektif sejak awal 2012 lalu. Lokasi pelatihannya menjangkau hampir seluruh kecamatan pada lima kabupaten di Kalimantan Barat, yang berbatasan dengan Malaysia.

Program tersebut telah melatih sekitar 60 warga menjadi bloger berkualifikasi jurnalis kampung. Mereka berlatar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan beragam; mulai pelajar, mahasiswa, guru, pekerja konservasi, hingga buruh dan petani.

Tercatat lebih dari 1.000 tulisan, foto, dan video yang dihasilkan seluruh peserta hingga akhir tahun lalu. Beragam kisah dan potret tentang kondisi perbatasan negara diceritakan setiap peserta melalui weblog.

“Kami jadi bisa menulis dan memublikasikan kondisi daerah kami agar banyak orang tahu,” kata Suryana, peserta dari Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Sekitar 60 weblog peserta dikoneksikan dengan Borderblogger.org yang merupakan situs agregasi program BBM. Situs pengumpul tersebut lambat laun menyerupai laman sindikasi berita atau jejaring informasi.

Walaupun tidak semua peserta aktif, menurut Alex, jumlah weblog dan konten sudah melebihi target program. Karya setiap bloger kemudian disayembarakan di akhir program BBM.

Sayembara tersebut melibatkan bloger, jurnalis, dan fotografer di luar program sebagai juri. Kriteria penilaian antara lain kekuatan tulisan dan foto serta tema, orisinalitas ide, dan keaktifan berkarya.

“Beberapa tulisan peserta tidak kalah dari tulisan jurnalis kendati masih terdapat kekurangan dalam redaksional,” kata Budi Rahman, juri sayembara.

Karya terbaik peserta juga dibukukan dalam Suara dari Batas Negara. Buku terbitan Mata Enggang itu diluncurkan saat Borneo Writers Gathering, bersamaan dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang sayembara.   lanjut ke: Bangunan Optimisme di Beranda Negeri

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Buka Sekat Terabas Pekat
Buka Sekat Terabas Pekat
https://4.bp.blogspot.com/-VnhkB_7oeVY/WFcFazBTflI/AAAAAAAAA4g/93o_EwekOHIlnOPS_Cbd00u4HiaUCvZuQCLcB/s200/Situs%2BAgregasi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-VnhkB_7oeVY/WFcFazBTflI/AAAAAAAAA4g/93o_EwekOHIlnOPS_Cbd00u4HiaUCvZuQCLcB/s72-c/Situs%2BAgregasi.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2013/03/buka-sekat-terabas-pekat_27.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2013/03/buka-sekat-terabas-pekat_27.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy