Pahit Manis Program Gratis

GUBERNUR Kalimantan Barat Cornelis mewanti-wanti Hildi Hamid dan pasangannya, Idrus, untuk bekerja keras. Sekalipun Hildi terpilih untuk kedua kalinya memimpin Kabupaten Kayong Utara, perolehan suaranya tidak dominan.

“Perolehan yang hanya 41% itu berat. Harus kerja keras untuk meyakinkan masyarakat bahwa Anda yang terbaik, best of the best,” pesan sang gubernur, ketika melantik Hildi-Idrus untuk memimpin Kayong Utara pada periode 2013-2018.

Lima tahun sebelumnya, Hildi yang berpasangan dengan Muhammad Said, dipercaya memimpin setelah memenangi Pemilu Kada 2008. Ketika itu, keduanya meraup suara cukup dominan, 60,31%.

Hildi mengakui bahwa dukungan terhadap dia dalam Pemilu Kada 28 Maret lalu kurang. “Banyak guru yang marah. Itu makanya dalam pemilu kada kemarin, guru paling hanya 80% mendukung saya. Ndak suka guru sama saya, para medis juga demikian,” ungkapnya.

Kayong Utara adalah daerah otonomi baru yang dimekarkan sejak 2007. Setahun kemudian, Hildi terpilih jadi bupati. Lima tahun memimpin, program-program yang digulirkan Hildi-Said mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri sehingga Kayong Utara dinilai sebagai daerah otonomi baru paling berhasil di Indonesia. 

Pada periode pertama kepemimpinannya, Hildi mengusung pendidikan dan kesehatan gratis. Lima tahun ke depan, ia tetap bertekad akan habis-habisan membangun kedua bidang tersebut.

Kayong Utara yang genap berusia enam tahun pada 26 Juni lalu merupakan daerah pemekaran Kabupaten Ketapang. Saat dimekarkan, kondisi wilayah seluas 4.568,26 kilometer persegi ini serbaterbelakang dan tertinggal, termasuk kualitas sumber daya manusianya.

Ketika itu, hanya ada sekitar 6% warga tamatan sekolah menengah atas dan sederajat. Pun di sektor kesehatan banyak warga yang belum tersentuh pelayanan dasar.

Indeks pembangunan manusia (IPM) Kayong Utara pun berada di urutan terakhir dari14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Asumsi awal setidaknya membutuhkan waktu 15 tahun bagi daerah ini untuk keluar dari jerat ketertinggalan. Masalah di daerah ini sangat kompleks, mulai persoalan SDM, kualitas hidup hingga minimnya infrastruktur dan pelayanan dasar.

Dongkrak APM
Namun, berdasarkan kajian tim pemekaran dari Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, upaya itu bisa dicapai hanya dalam delapan tahun. Syaratnya adalah pemerintah setempat menggenjot pembangunan infrastruktur dasar, sarana, dan prasarana serta memacu pertumbuhan ekonomi.

“Tantangan terberat tetap di peningkatan SDM. Itu sebabnya, saya memprioritaskan pendidikan dan kesehatan gratis,” ujar Hildi.

Pendidikan gratis di Kayong Utara mencakup semua kegiatan operasional sekolah dan kebutuhan pengajaran, termasuk pengadaan buku pelajaran dan pakaian seragam siswa. Kebijakan ini berlaku di sekolah dasar hingga SMA dan sederajat.

Sementara itu, kesehatan gratis mencakup semua pelayanan dasar dan rawat inap hingga tingkat rujukan. Pendidikan dan kesehatan cuma-cuma ini dituangkan dalam peraturan bupati.

Kayong Utara menjadi pionir layanan pendidikan dan kesehatan gratis di Kalimantan Barat. Kebijakan tersebut murni dibiayai APBD kabupaten.

Pada 2011, misalnya, pemkab merogoh Rp16,72 miliar untuk menyubsidi pendidikan gratis. Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan pun dilaksanakan bersamaan.

Di sektor kesehatan, selain berobat gratis, fasilitas pun di  tingkatkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas setara dengan rumah sakit tipe C, misalnya, diharuskan beroperasi selama 24 jam sehari. Ada juga kapal motor yang difungsikan sebagai puskesmas keliling untuk warga di kepulauan. Total fasilitas kesehatan sudah mencapai 65 unit dari semula enam saat awal pemekaran.

Kerja keras itu menampakkan hasil. Di Kayong Utara, jika pada 2007 angka putus sekolah mencapai 11 ribu, pada 2011 menurun tinggal 7.000 siswa. Daya tampung sekolah dari SD hingga SMA, yang semula 19.238 siswa, ditingkatkan menjadi 24 ribu siswa.

Angka partisipasi murni di tingkat SMA naik dari 13,77% menjadi 30,15%. “Pemkab sangat inovatif dan kreatif. Mereka berani mengambil risiko dalam membuat keputusan terbaik untuk masyarakat,” aku Hermawansyah, anggota Dewan Pengurus Gemawan, lembaga advokasi dan pemberdayaan masyarakat di Kalimantan Barat. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Pahit Manis Program Gratis
Pahit Manis Program Gratis
https://3.bp.blogspot.com/-p0h7Ih_v-qA/WJB41JNoi8I/AAAAAAAACZQ/ud2wARaWqp0e9GUnqOdYa81aa12XFzXugCLcB/s200/puskesmas%2Bsukadana%2B%25284%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-p0h7Ih_v-qA/WJB41JNoi8I/AAAAAAAACZQ/ud2wARaWqp0e9GUnqOdYa81aa12XFzXugCLcB/s72-c/puskesmas%2Bsukadana%2B%25284%2529.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2013/07/pahit-manis-program-gratis.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2013/07/pahit-manis-program-gratis.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy