Melaju tanpa Polusi

Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Saat kondisi baterai terisi penuh, kendaraan dapat dipacu hingga sejauh 50 kilometer (km) dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam.

ARIES MUNANDAR

SAAT harga bahan bakar minyak (BBM) naik beberapa bulan lalu, Ferdy Ardian tidak sedikit pun merasa gusar. Meski mengandalkan motor untuk kesehariannya, pria berusia 31 tahun ini juga tidak pernah lagi harus meluangkan waktu ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk mengisi tangki kendaraannya.

Jika tunggangannya butuh tenaga, Ferdy tinggal mengisi baterai yang tenaganya berasal dari sinar matahari (surya). Warga Jl Sepakat I, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), itu mengendarai motor tenaga surya.

Sepintas motor Ferdy tidak berbeda dengan moda transportasi sejenis. Perbedaan mencolok hanya terdapat pada bagian depan yang dipasang panel surya. Panel berukuran 55 x 63 cm itu mengubah sinar matahari menjadi listrik. Sepeda motor ini juga tidak berknalpot karena tidak menghasilkan gas buang (emisi).

Sejak dioperasikan sekitar dua bulan lalu, keandalan sepeda motor ini cukup teruji. Kendaraan dapat beroperasi optimal dengan tenaga dan kecepatan konstan, serta kondisi mesin tetap dingin setelah dikendarai.

“Belum pernah sekali pun mogok atau mesinnya tiba-tiba mati saat di jalan,” ujar Ferdy.

Motor bekas
Kendaraan berenergi surya ini dimodifi kasi Ferdy dari sepeda motor listrik buatan China. Ia membelinya seharga Rp1 juta dalam kondisi rusak. Mesin dan baterai kendaraan tidak berfungsi sama sekali.

Belum adanya fasilitas umum pengisian listrik untuk kendaraan dan layanan listrik yang kerap biarpet di Pontianak membuat Ferdy mencari sumber energi lain untuk menghasilkan listrik.

Pengubahan sumber energi ini terbilang sederhana. Selain menambahkan panel surya berdaya 50 Watt peak (Wp), Ferdy kemudian mengubah arus tegangan pada pengisi daya (charger) baterai dari 48 volt menjadi 12 volt. Di samping itu, rangkaian kabel seri diganti paralel.

“Perubahan tersebut untuk menyesuaikan kapasitas listrik yang dihasilkan panel,” ungkap alumnus jurusan bangunan SMK Negeri 4 Pontianak itu.

Modifikasi hanya membutuhkan dua hari dan menghabiskan sekitar Rp3 juta. Pengisian baterai sepeda motor ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Pengisian bisa dilakukan sembari memarkir kendaraan. 

Saat kondisi baterai terisi penuh, motor dengan mesin berupa rangkaian dinamo ini dapat dipacu hingga sejauh 50 kilometer (km) dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam.

“Tapi, sebaiknya jangan terus digunakan hingga baterai habis. Kapasitas baterai harus tetap terisi sekitar 50% agar usia pakainya awet,” jelas pemusik yang juga mengembangkan energi surya untuk studio rekamannya.

Kendaraan alternatif
Sepeda motor menjadi kendaraan favorit warga Pontianak. Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun lalu merilis jumlah sepeda motor mencapai 93,27% dari sekitar 1,45 juta kendaraan bermotor di Kalbar. Kurang lebih separuh dari sekitar 1,35 juta sepeda motor tersebut menumpuk di Pontianak.

Membeludaknya populasi sepeda motor itu seiring dengan meningkatnya penjualan setiap tahun. Data yang dirangkum dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar menunjukkan angka penjualan sepeda motor di Pontianak hingga Juni lalu mencapai 159 ribu dalam tiga tahun terakhir.

Booming sepeda motor di Pontianak mulai terasa sejak 2003. Jumlahnya melonjak dari 160 ribu menjadi 370 ribu, sedangkan penduduk Pontianak waktu itu baru sekitar 493 ribu jiwa,” ungkap pemerhati perkotaan Abdul Hamid.

Lonjakan yang cukup fantastis tersebut, menurut Hamid, lantaran semakin mudahnya persyaratan kepemilikan sepeda motor. Di antaranya, fasilitas kredit murah bahkan tanpa uang muka.

Pertumbuhan sepeda motor yang tidak terkendali tidak hanya menambah kemacetan lalu lintas, tetapi juga meningkatkan polusi. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika Serikat (USEPA), kendaraan berbahan bakar bensin menghasilkan rata-rata 2,3 kilogram karbon dioksida (CO2)/liter.

CO2 merupakan satu di antara enam penyumbang utama gas rumah kaca yang memicu pemanasan global. “Sudah saatnya Pontianak mengembangkan kendaraan rendah emisi untuk menekan dampak polusi terhadap lingkungan dan kesehatan,” jelas Hamid, yang juga mantan Kepala Pusat Studi Lingkungan, Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak.

Sepeda motor berenergi surya dapat menjadi alternatif kendaraan ramah lingkungan. Di Kalbar, potensi energi ini cukup melimpah, terutama Pontianak yang berada tepat di lintasan khatulistiwa. 

Berdasarkan kajian Pusat Studi Energi Terbarukan, Untan, intensitas sinar matahari di Pontianak mampu menghasilkan energi listrik rata-rata 600 Wp per panel. Potensi ini belum digarap optimal.

“Intensitas rata-rata sinar matahari di Kalbar mencapai 5 Kwh/m2. Di Jepang yang intensitasnya hanya 4 Kwh/m2 bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik 5.000 megawatt,” jelas Kepala Pusat Studi Energi Terbarukan, Untan, Ismail Yusuf.   lihat juga di sini 

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Melaju tanpa Polusi
Melaju tanpa Polusi
https://1.bp.blogspot.com/-DOEjkn6Cr54/WFb2bw7BkkI/AAAAAAAAA3M/2T1I-XAtT1kiCTtSWUPhBOWtQt8qo_LMgCLcB/s200/Sepmot%2BTenaga%2BSurya_Blog.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DOEjkn6Cr54/WFb2bw7BkkI/AAAAAAAAA3M/2T1I-XAtT1kiCTtSWUPhBOWtQt8qo_LMgCLcB/s72-c/Sepmot%2BTenaga%2BSurya_Blog.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2013/08/melaju-tanpa-polusi_24.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2013/08/melaju-tanpa-polusi_24.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy