Belajar Berteman Mural

Interior depan hingga ruang kelas SDN 14 Singkawang Utara dipenuhi mural bertemakan keceriaan dan khas anak-anak. Selain itu, terdapat kolam dan taman-taman yang sekaligus menjadi media belajar.

ARIES MUNANDAR

DARI kejauhan Sekolah Dasar (SD) Negeri 14 Singkawang Utara, Kalimantan Barat, sudah terlihat menarik. Meski sederhana, sekolah dengan pelataran luas itu tampak bersih dan terawat. Tampilan depan itu nyatanya bagai sampul yang menyimpan kisah lebih unik. Mendekat ke pintu utama tampak jika interior sekolah banyak dihiasi mural (lukisan dinding) yang ceria.

Lukisan bunga matahari, misalnya, menyambut di sekitar pintu masuk sekolah. Ditambah dengan warna dasar dinding yang kuning terang, mural itu seolah mengajak murid-murid untuk mengawali hari dengan semangat. 

Masuk ke ruang-ruang kelas di sekolah yang berada di Jl Demang Akub itu hampir semuanya dipenuhi lukisan. Pada salah satu kelas terdapat mural dengan pemandangan pulau dan keindahan dalam laut. Ikan, gurita, dan kuda laut berenang bersama di antara tumbuhan laut. 

Di ruang lainnya digambarkan anak-anak yang gembira naik kereta api. Lalu ada pula ruang kelas berhias lukisan pemandangan bukit yang asri. Di situ tampak murid-murid berjajar rapi didampingi dua perempuan berkerudung. “How are you today (apa kabar mu hari ini)?” tanya salah seorang perempuan itu. 

Namun di ruang ini anak-anak tidak belajar sambil duduk di bangku, melainkan bisa lesehan santai beralas karpet gabus warna-warni. Pada kelas yang dilengkapi kursi dan meja, penataannya membentuk huruf U atau L sehingga terlihat lebih santai dibanding kelas umumnya. Interior dan suasana yang lebih mirip taman belajar itu memang sesuai dengan visi pengelola sekolah. 

“Sekolah ini didesain seperti taman belajar, agar siswa merasa nyaman dan betah selama mengikuti pelajaran,” kata Kepala SD Negeri 14 Singkawang Utara Nurhasanah, Rabu (23/4).

Rasa nyaman siswa pada sekolah itu terlihat sendiri lewat karya-karya mereka yang ikut dipajang. Di daun pintu kelas, misalnya, tampak aneka kerajinan karya para murid. Sementara itu gambar-gambar mereka dikumpulkan di salah satu dinding. Di sudut ini ada pula kolam plastik berukuran sekitar 1 m x 1 m. Di dekat kolam tampak botol plastik bekas dikumpulkan.

Ruang kelas lesehan menggunakan karpet berwarna-warni sebagai alas duduk siswa
Sekolah alam
Mural bernuansa alam, kolam ikan hingga pemanfaatan botol bekas sekaligus menunjukkan sisi ‘hijau’ sekolah. SD negeri yang berdiri setahun lalu atau paling muda di Kota Singkawang itu mendeklarasikan diri sebagai sekolah alam.

Sebab itu pula mereka tampak sangat berupaya menghijaukan halaman yang masih gersang. Bukan sekadar ditanami pohon, pihak sekolah membangun beberapa taman dengan tema tertentu.

Taman Wangi, misalnya, akan ditanami melati, kenanga, dan kemuning, yang beraroma wangi. Sementara, Taman Kupu-kupu akan ditanami bougenvil, asoka, dan cempaka.

“Keberadaan bunga-bunga tersebut diharapkan bisa mengundang kupu-kupu. Itu sebabnya, kami namai taman kupu-kupu,” lanjut Nurhasanah. Di taman itu kolom-kolom tempat tumbuhan dihiasi dengan bentuk tumbuhan dan lukisan cap tangan anak-anak.

Keberadaan taman, ruang terbuka hijau, dan pohon peneduh tidak hanya sekadar aksesori. Lanskap dan sumber daya alam ini sekaligus menjadi wahana edukasi. Para siswa berpraktikum langsung di alam terbuka dengan memanfaatkan sumber daya lokal di sekitar sekolah. Seperti yang dilakukan siswa kelas I pada Rabu lalu (23/4).

Para siswa diajak mengidentifikasi pohon kayu putih yang tumbuh di sekitar halaman sekolah. Mereka diminta menciumi daun pohon tersebut dan membandingkan dengan aroma daun pohon lain. Setelah itu, guru pembimbing menjelaskan ciri-ciri dan manfaat pohon kayu putih untuk pengobatan.

Tidak hanya praktikum, pelajaran tentang teori pun kerap dilakukan di luar kelas. Para siswa memanfaatkan pondok beratap ijuk di sudut halaman depan sekolah sebagai ruang belajar dan berdiskusi.

“Muatan pelajaran tetap terintegrasi dengan kurikulum 2013, hanya metode yang berbeda, yakni lebih banyak di ruang terbuka,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Singkawang M Nadjib
.
Dominasi pembelajaran luar kelas itu pula yang dikatakan Atih, salah satu gurun SDN 14 Singkawang Utara. “Sebanyak 60% di luar kelas, dan 40% di dalam kelas. Supaya siswa tidak bosan, belajar di luar (kelas) juga melatih imajinasi dan kreativitas mereka,” jelas Atih.

Di sekolah ini siswa dibebaskan untuk tidak mengenakan seragam. Mereka juga tidak dipungut biaya sepeser pun karena semua kebutuhan belajar ditanggung pemerintah. Termasuk, perangkat dan perlengkapan saat praktikum.

Kendati masih seumur jagung, SD Negeri 14 Singkawang Utara dijadikan contoh oleh beberapa daerah. Pemerintah Kota Singkawang pun berobsesi menjadikan sekolah berarsitektur Melayu ini sebagai sekolah unggulan. Mereka menargetkan pembenahan dan pengembangan fasilitas sekolah akan rampung dalam dua tahun ke depan.   lanjut ke: Bisa Mengatrol Kelulusan

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Belajar Berteman Mural
Belajar Berteman Mural
https://1.bp.blogspot.com/-ofoenGRFDpc/WFWyn1vDiPI/AAAAAAAAA0o/quJ3t5HCpiQLAseO-tmOHYNaDdy4jtxCACLcB/s200/Mural%2BSekolah_1_Blog.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ofoenGRFDpc/WFWyn1vDiPI/AAAAAAAAA0o/quJ3t5HCpiQLAseO-tmOHYNaDdy4jtxCACLcB/s72-c/Mural%2BSekolah_1_Blog.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2014/05/belajar-berteman-mural.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2014/05/belajar-berteman-mural.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy