Berbagi Terang saat Listrik Padam

RUMAH Miswan Edy Susanto tiba-tiba gelap gulita akibat pemadaman listrik dari PLN. Beruntung itu tidak berlangsung lama karena Miswan mengalihkan sumber listrik dari aliran PLN ke sebuah catu daya (uninterruptible power supply /UPS).

“Beberapa sambungan listrik harus dimatikan dahulu untuk menghindari kejutan (beban puncak tiba-tiba). Jadi, perlu sedikit waktu untuk mengoptimalkan pemakaiannya,” kata Miswan saat ditemui di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Selasa (2/6).

Catu daya yang digunakan pria yang akrab disapa Poltak ini merupakan kreasi sendiri yang dikembangkan sejak setahun lalu.

Otomatis mengisi ulang
Catu daya buatan Miswan terdiri atas charger, aki, dan inverter (pengubah tegangan DC menjadi AC). Instalasi tersebut dirangkai dengan kabel berdiameter masing-masing 1,5, 2,25, dan 4 milimeter.

Perangkat itu juga dilengkapi beberapa soket dan sakelar sebagai pemutus dan penyambung aliran, dari listrik PLN ke catu daya ataupun dari catu daya ke jaringan rumah.

Miswan menggunakan charger 220 volt berdaya 300 watt dan aki 12 volt dengan arus listrik 50-100 amphere. Adapun inverter berdaya 2.000 watt. Charger berfungsi sebagai penyimpan dan pengisi daya dari listrik PLN ke aki. 

“Komponen lain di antaranya diode, kapasitor, trafo, baterai, dan voltmeter,” jelas warga Dusun Tanjung Belimbing, Desa Pangkalan Buton itu.

Catu daya tersebut mampu menyimpan dan mengalirkan listrik hingga 2.000 watt setelah diisi ulang selama tiga jam. Pemakaiannya bisa berlangsung terus-menerus hingga sepekan tanpa pengisian ulang.

Daya tahan itu berkat efisiensi energi yang diterapkan dalam perangkat tersebut. Setiap daya yang terpakai akan kembali ke siklus penyimpanan dan penyuplaian.

“Saat digunakan, perangkat ini juga otomatis menge-charge sendiri sehingga tidak ada daya yang terbuang percuma. Jadi, skemanya AC ke DC, DC ke AC,” lanjut pemilik Bengkel Poltak Jaya Motor itu.

Dengan sistem pengisian ulang otomatis itu, catu daya tersebut bahkan diklaim bisa dioperasikan selama berbulan-bulan tanpa henti. Dengan catatan, daya listrik setiap kali pemakaian tidak mendekati batas maksimal 2.000 watt.

Listrik dari catu daya di rumah Miswan tidak hanya dipakai sendiri. Dia juga mengalirkannya ke kediaman orangtua dan saudaranya yang berada di samping rumah.

“Namun, lampu dan peralatan elektronik tidak bisa langsung dihidupkan serempak. Perangkat ini (tahanannya) menggunakan diode, bukan kumparan, sehingga perlu waktu untuk menstabilkan arus dan tegangan,” jelasnya.

Hemat
Miswan melabel hasil kreasinya dengan merek Poltak Listrik Green Energy. Kemasannya terbuat dari bahan kayu dan berkelir merah. Poltak memilih kayu karena bahan tersebut murah dan mudah diperoleh di sekitar tempat tinggalnya.

Konsumennya tidak hanya berasal dari Kayong Utara, tetapi juga dari beberapa daerah di luar Kalimantan Barat. Hingga saat ini telah sekitar 50 catu daya buatannya terjual dengan harga sekitar Rp4 juta hingga Rp8 juta per unit. Generasi pertama produk itu masih dikemas dengan papan kayu seadanya dan belum dilengkapi kipas pendingin. 

Anshory ialah pembeli pertama Poltak Listrik Green Energy. Ia mengaku, sejak menggunakan Poltak Listrik Green Energy, bisa menghemat biaya pemakaian listrik PLN hingga separuh.

“Perangkat ini bisa mencegah tarikan pertama sewaktu listrik baru menyala setelah pemadaman sehingga mengurangi beban pemakaian,” ungkap warga Sukadana itu.

Manfaat Poltak Listrik Green Energy juga dirasakan Beny. Usaha rental Play Station miliknya kini tetap bisa beroperasi walaupun listrik dari PLN padam. “Sebelumnya ketika listrik padam, ya dibiarkan begitu saja sampai listrik menyala lagi,” ujarnya. (Aries Munandar)   lihat juga di sini

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Berbagi Terang saat Listrik Padam
Berbagi Terang saat Listrik Padam
https://3.bp.blogspot.com/-wEE2NK2Dz1Y/WFbN5paNuQI/AAAAAAAAA2c/3AmKiu5gbagICj8vFhQPlwYdk9mXqw65wCLcB/s200/Poltak_Blog.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wEE2NK2Dz1Y/WFbN5paNuQI/AAAAAAAAA2c/3AmKiu5gbagICj8vFhQPlwYdk9mXqw65wCLcB/s72-c/Poltak_Blog.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2015/06/berbagi-terang-saat-listrik-padam.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2015/06/berbagi-terang-saat-listrik-padam.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy