Terjebak Lumpur di Poros Perbatasan

Aruk, Sajingan Besar, Sambas
SEUTAS tambang dililitkan Marius Icup ke sekeliling roda belakang sepeda motornya. Tali berwarna kuning itu diikat sekencang mungkin di antara ban dan velg, agar lilitannya tidak mudah lepas.

“Supaya ban tidak lari (selip) karena jalan licin dan berlumpur,” kata warga Dusun Sasak, Kecamatan Sajingan Besar, Kalimantan Barat saat ditemui pada Senin (16/6).

Setelah meliliti roda belakang sepeda motor, Icup mengajak Sarimin, yang diboncengnya untuk melanjutkan perjalanan ke kantor kecamatan di Desa Kaliau’. Namun, baru beberapa tarikan gas, laju kendaraan itu terhenti. Jalanan terlampau licin dan berlumpur tebal, sehingga ban tidak mampu mencengkeram. Sepeda motor itu pun selip dan ambles.

Sarimin turun dari boncengan untuk membantu Icup mendorong sepeda motor. Kendaraan itu akhirnya bisa melaju kembali setelah lepas dari perangkap lumpur. “Kalau hujan, ya pasti begini. Jalannya susah dilewati,” ujarnya.

Kejadian ini memang bukan pengalaman pertama bagi Icup, dan Sarimin. Itu sebabnya, mereka telah menyiapkan berbagai perlengkapan sebelum memulai perjalanan. Selain berbekal tambang, warga Desa Santaban ini juga mengenakan sepatu bot untuk mengatasi lumpur di perjalananan.

Jalanan yang dilalui Icup dan Sarimin merupakan jalan poros menuju perbatasan dengan Malaysia. Dari 90 kilometer ruas jalan tersebut, hanya sekitar 10 kilometer berkondisi baik. Selebihnya, jalanan itu berlumpur dan berubah menjadi kubangan sewaktu musim hujan.

Jalan dari ibu kota kabupaten di Sambas menuju titik nol perbatasan negara tersebut masih dalam tahap pengerasan. Sebagian besar ruas jalan terlihat baru diuruk lagi dengan tanah merah, sehingga bertekstur lembek setelah diguyur hujan deras. Kondisi ini mengakibatkan jalan menjadi licin dan rawan ambles.

Tidak hanya sepeda motor, truk dan kendaraan roda empat lainnya juga banyak yang ambles. Mereka tidak bisa bergerak karena roda selip dan terbenam kubangan lumpur tebal. Setidaknya ada lima titik lokasi terparah di sepanjang jalan negara tersebut.

Mobil yang kami tumpangi pun sempat terperosok dalam kubangan lumpur. Mobil tidak bisa bergerak sehingga harus didorong oleh penumpang, dan supir kendaraan lain yang melintas di jalan tersebut.

Setelah melaju beberapa kilometer, mobil kembali terperosok di dekat sebuah tikungan tajam. Kali ini kondisinya jauh lebih parah. Supir mobil Wahdi berkali-kali menggeber gas untuk melepaskan kendaraan dari jebakan lumpur. Roda belakang terus berputar namun lapisan tanah  ikut tergurus sehingga tidak ada penumpu untuk tenaga pendorong.

Asap pun mengepul dari knalpot kendaraan. Wahdi kemudian mematikan mesin, dan turun untuk mengecek kondisi kendaraan. Kubangan terlampau dalam sehingga mobil tidak mungkin didorong. Beruntung, ada eksavator milik perusahaan yang mengerjakan proyek jalan tersebut. Mobil pun diderek hingga keluar dari jebakan lumpur.

Kami berkunjung ke Sajingan Besar untuk memberikan pelatihan jurnalisme warga, yang difasilitasi Wahana Visi Indonesia. Alhasil, pembukaan kegiatan itu pun molor hingga tiga jam. Itu lantaran kami harus menghabiskan waktu lebih dari lima jam di perjalanan. 

“Biasa (dari Kota Sambas) paling lama sekitar 3,5 jam sudah sampai di lokasi,” ujar Wahdi. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Terjebak Lumpur di Poros Perbatasan
Terjebak Lumpur di Poros Perbatasan
https://3.bp.blogspot.com/-EFBRd3Eamc4/WMmVIaZ8MeI/AAAAAAAADGI/OuFadimTVt4exetQT_bzefI7Mnz3oyYqACLcB/s200/Beranda%2BNegeri_Kondisi%2BJalan%2Bdi%2BSajingan%2BBesar.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-EFBRd3Eamc4/WMmVIaZ8MeI/AAAAAAAADGI/OuFadimTVt4exetQT_bzefI7Mnz3oyYqACLcB/s72-c/Beranda%2BNegeri_Kondisi%2BJalan%2Bdi%2BSajingan%2BBesar.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2015/06/terjebak-lumpur-di-poros-perbatasan.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2015/06/terjebak-lumpur-di-poros-perbatasan.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy