Cara Efektif Deteksi Hama

GAGAL panen selalu menghantui Ramli, 40. Padi yang ditanamnya sering digerogoti hama sehingga menguras hasil panen. Pengendalian hama pun acap kali terlambat lantaran serangan itu baru diketahui setelah gejalanya meluas.

“Gagal panen saya alami beberapa tahun lalu karena terlambat menyemprot (insektisida),” kata petani di Desa Sungai Itik, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat itu, pertengahan September lalu.

Serangan wereng, walang sangit, dan tikus sering kali bersamaan waktunya dengan serangan penyakit blas atau bercak daun. Serangan ganda itu nyaris membuat petani di Sungai Itik tidak berkutik.

Untuk melawan hama, petani menggunakan insektisida berdosis tinggi yang dicampur herbisida. Tanaman yang sakit ataupun tidak, rata mereka semprot. Langkah itu tentu saja tidak efektif bahkan kontraproduktif dengan tujuan dari pengendalian hama dan penyakit tanaman.

“Blas disebabkan fungi (jamur) sehingga harus menggunakan fungisida, sedangkan herbisida untuk mengatasi gulma atau tumbuhan pengganggu,” jelas Ahli Hama dan Penyakit Tanaman Tris Haris Ramadhan saat berdiskusi dengan petani Sungai Itik.

Penggunaan obat untuk tanaman atau pestisida sebenarnya juga tidak boleh dicampur. Itu bisa memicu reaksi kimia yang justru memberi hasil tidak efektif. 

Untuk mengendalikan hama dan penyakit sejak dini, lembaga swadaya masyarakat Swandiri Institute pun mendorong sistem analisis kondisi di lapangan. Caranya dengan penggunaan drone.

Pelbagai serangan hama dan penyakit dinilai mudah terdeteksi oleh wahana tanpa awak tersebut. Begitu pula gejala abnormalitas lain pada tanaman terpantau secara gamblang.

“Program drone untuk (pertanian) pangan ini diharapkan bisa diadopsi daerah lain,” kata Direktur Eksekutif Swandiri Institute Hermawansyah saat uji coba drone di desa tersebut.

Uji coba itu menggunakan pesawat berbaling-baling empat dengan kemampuan terbang sejauh 150-200 meter. Gambar yang dihasilkan drone tersebut memiliki tingkat representasi sebesar 2 sentimeter per piksel. Kualitasnya mengungguli foto satelit, yang tingkat representasinya hanya sebesar 15 meter persegi per piksel.

Puluhan foto dari uji coba drone yang diterbangkan di sawah warga kali itu kemudian dianalisis melalui komputer dengan program khusus untuk mendeteksi kesehatan tanaman. Penilaiannya merujuk pada indeks kenormalan vegetasi (NDVI). Tanaman dikategorikan sehat bila berindeks 0,4 hingga 0,9.

“Jika indeksnya 0,1 hingga 0,3, tanaman itu mengalami gangguan (kesehatan). Itu bisa akibat hama dan penyakit, atau kekurangan pupuk,” jelas peneliti dari Swandiri Institute yang juga mantan Direktur Eksekutif Walhi Jambi Arief Munandar.

Alhasil, beberapa padi di sawah tersebut ternyata terkena penyakit blas. Daunnya dipenuhi bercak hitam, berbatang layu, dan bergabah hampa.

Pemanfaatan drone memang sebatas pendeteksi dini. Namun, teknologi itu membantu petani untuk cepat bertindak tanpa harus mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman satu per satu.

Pengendalian hama dan penyakit atau gejala kekurangan nutrisi juga lebih selektif, yakni hanya pada tanaman yang terserang. Selain mencegah kerusakan lingkungan akibat penggunaan pupuk dan pestisida yang tidak terkendali, pemanfaatan drone bisa memangkas ongkos produksi.

“Saya bisa menghabiskan Rp1 juta untuk membeli obat (pestisida). Dengan adanya drone mungkin bisa berhemat karena tidak semua tanaman harus diberi obat,” kata Herwani, yang sawahnya terdeteksi berpenyakit. (Aries Munandar)

lihat juga di sini

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Cara Efektif Deteksi Hama
Cara Efektif Deteksi Hama
https://2.bp.blogspot.com/-P0UC17J7BLY/WFbTCzU6d2I/AAAAAAAAA20/Fry5Ds9kfiMyww2S4Edly3_44xDypLh0QCLcB/s200/Drone_Blog.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-P0UC17J7BLY/WFbTCzU6d2I/AAAAAAAAA20/Fry5Ds9kfiMyww2S4Edly3_44xDypLh0QCLcB/s72-c/Drone_Blog.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2015/10/cara-efektif-deteksi-hama.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2015/10/cara-efektif-deteksi-hama.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy