Membidik Pelancong Negeri Tirai Bambu

Karnaval Khatulistiwa
SEBAGAI pusat peradaban, sungai tidak semata sebagai jalur transportasi, distribusi, dan penunjang aktivitas perekonomian lainnya. Sungai juga bisa membentuk sebuah komunitas, kebudayaan, bahkan menjadi pusat pemerintahan dan politik. Jejak itu terekam di Kalimantan Barat melalui berbagai tradisi dan peninggalan bersejarah.

“Sebanyak 11 keraton dan istana kerajaan yang masih eksis di Kalimantan Barat berada di pinggiran sungai besar,” kata Sekretaris Majelis Kerajaan Nusantara Kalimantan Barat Syarif Muhammad Herry dalam sebuah diskusi, beberapa waktu lalu.

Kebudayaan berbasis sungai juga tumbuh subur dan masih dilestarikan hingga saat ini. Perayaan robo’-robo’, misalnya, rutin digelar warga di Mempawah setiap tahun. Tradisi itu merupakan ritual tolak bala sekaligus tapak tilas perjalanan Opu Daeng Manambon saat mendirikan Kerajaan Mempawah pada 1737.

Peninggalan bersejarah dan khazanah kebudayaan menjadi modal untuk mengembangkan sungai sebagai potensi wisata andalan. Beberapa kebudayaan itu terbentuk dari akulturasi sesama budaya lokal dan nasional, juga dengan bangsa lain. Arab dan Tiongkok ialah budaya luar yang sering berakulturasi dengan budaya tempatan di Kalimantan Barat.

Akulturasi budaya bisa menjadi peluang promosi wisata ke dunia internasional. Satu di antara peluang yang belum tergarap optimal itu ialah pasaran wisatawan Tiongkok. Selain melalui akulturasi budaya, hubungan Kalimantan Barat dengan ‘Negeri Tirai Bambu’ terjalin melalui ikatan kekeluargaan.

“Kalimantan Barat memiliki proximity dengan Tiongkok. Banyak warganya yang bekerja, memiliki keluarga, dan kawin dengan orang Tiongkok,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat konferensi pers Karnaval Khatulistiwa, di Pontianak, Agustus lalu.

Tiongkok saat ini dikenal sebagai bangsa pelancong. Menurut Arief, ada sekitar 100 juta warga Tiongkok melancong ke luar negeri pada tahun lalu. Namun, hanya sekitar 1% yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pelancongan. Minimnya promosi wisata menjadi satu di antara penyebabnya. (BACA: Semarak Karnaval di Kota Khatulistiwa)

Kalimantan Barat diharapkan berkontribusi dalam pencapaian target kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia yang dipatok meningkat dua kali lipat pada tahun ini. Itu disebabkan daerah tersebut dianggap memiliki hubungan sosial, budaya, dan ikatan kekerabatan kuat dengan Tiongkok.

“Promosi bisa digencarkan lewat dunia maya karena Pontianak termasuk pengakses internet terbesar di Indonesia. Saya juga akan bantu mempromosikannya,” ujar Arief.

Kunjungan wisatawan asing ke Kalimantan Barat saat ini rata-rata baru mencapai 30 ribu orang setiap tahun. Para pelancong didominasi negara ASEAN dan sekitar 80% di antaranya berasal dari Malaysia. Karnaval Khatulistiwa yang menurut rencana bakal digelar saban tahun diharapkan mampu menggenjot kunjungan wisatawan asing ke Kalimantan Barat. (Aries Munandar)   LANJUT KE: Menjadikan Sungai Beranda Depan

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Membidik Pelancong Negeri Tirai Bambu
Membidik Pelancong Negeri Tirai Bambu
https://2.bp.blogspot.com/-TjKM4O_Yxaw/WQx0E-nySBI/AAAAAAAADPE/QoTafJYaoP8TswK8fY3ZJmBD_chmyoQHgCLcB/s200/Ekonomi_Karnaval%2BKhatulistiwa_2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TjKM4O_Yxaw/WQx0E-nySBI/AAAAAAAADPE/QoTafJYaoP8TswK8fY3ZJmBD_chmyoQHgCLcB/s72-c/Ekonomi_Karnaval%2BKhatulistiwa_2.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2015/10/membidik-pelancong-negeri-tirai-bambu.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2015/10/membidik-pelancong-negeri-tirai-bambu.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy