Ketika Anak Meneliti Persoalan Sendiri

Peneliti Anak
PENELITIAN merupakan pekerjaan rumit, butuh data statistik serta kajian akademik. Tapi, ditangan anak-anak, penelitian bisa menjadi sebuah aktivitas mengasyikan dan penuh keriangan. Metode ilmiah yang rumit pun mereka tuangkan ke bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti oleh peneliti maupun responden.

“Meneliti memang tidak gampang, tapi kami bisa mengerjakannya dengan senang hati, sama seperti kegiatan lain,” kata Rafika, 15.

Bocah perempuan ini ialah satu dari 36 enam peneliti cilik dari Forum Anak Cinta Khatulistiwa (Forancikha) di Pontianak, Kalimantan Barat. Mereka meneliti dengan melibatkan 114 anak dari enam rukun tetangga (RT) di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara sebagai responden.

Penelitian sejak 2013 tersebut memokuskan pemenuhan terhadap hak anak dengan lima indikator utama. Indikator itu ialah fasilitas bus sekolah, tempat sampah, air bersih, parit atau drainase bersih, dan penghijauan. Hasilnya, fasilitas bus sekolah menjadi isu sentral atau paling banyak dibutuhkan responden.

Di Kecamatan Pontianak Utara saat ini memang belum ada fasilitas bus khusus untuk pelajar. Ketiadaan fasilitas ini memicu lonjakan penggunaan sepeda motor di kalangan pelajar. Kondisi tersebut cukup memperihatinkan lantaran banyak di antara mereka yang masih di bawah umur, dan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Ketidakcakapan dalam mengemudi ini pun mengakibatkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Data Polresta Pontianak yang dikutip dalam penelitian ini menyebut ada 573 pelajar di Pontianak menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada 2014. 

“Banyak juga yang terlambat ke sekolah akibat menunggu angkutan umum karena orang tua tidak sempat mengantar,” ungkap ketua tim peneliti Tedi Chandra.  

Penelitian menggunakan ikon perasaan atau emoticon sebagai pilihan jawaban dalam lembar angket untuk responden. Peneliti juga mewawancarai para orang tua, tokoh masyarakat serta pejabat terkait saat mengali informasi di lapangan. Data primer dan skunder serta literatur pun digunakan untuk memperkuat kajian.

Para peneliti cilik ini sebelumnya telah ditempa dalam serangkaian pelatihan dari Wahana Visi Indonesia (WVI), lembaga yang mendampingi Forancikha sejak 2007. Mereka juga telah dibekali pengetahuan dasar jurnalistik untuk memahami teknis wawancara dan menulis.    

Hasil kegiatan ilmiah itu kemudian dirangkum dalam buku bertajuk Pontianak di Balik Kacamata Anak. Buku yang juga memuat rekomendasi kepada para pihak terkait ini, diluncurkan pada Minggu (29/5). 

“Mereka mampu menggali permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Permasalahan yang sering kali tidak disadari bahkan tidak dipedulikan oleh orang dewasa,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPMPAKB) Kota Pontianak Darmanelly saat peluncuran buku.

Penelitian oleh anak disebut juga Child Led Research (CLR). Anak memimpin dan menentukan sendiri tema, tujuan, kebutuhan hingga metode serta analisis penelitian. CLR di kalangan Forancikha diistilahkan dengan Sahabat Peneliti Anak (Sahabat Pena). Mereka meneliti di saat senggang selepas pulang sekolah. 

Pelibatan anak sebagai peneliti berlandaskan kepada Konvensi Hak Anak, dan ini baru pertama kali dilakukan di Kalimantan Barat. “Pelibatan mereka tidak bertentangan dengan etiket maupun aturan hukum, sepanjang tidak ada pemaksaan, dan pengabaian terhadap hak anak,” jelas Manajer WVI Pontianak Amron Gultom.  (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Ketika Anak Meneliti Persoalan Sendiri
Ketika Anak Meneliti Persoalan Sendiri
https://3.bp.blogspot.com/-zFKLPp4zWuE/WOOnpeOqhyI/AAAAAAAADKk/LrNYgUZAvnk347OACFpUJBJdSUfCZpzUwCLcB/s200/Edukasi_Penelitian.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-zFKLPp4zWuE/WOOnpeOqhyI/AAAAAAAADKk/LrNYgUZAvnk347OACFpUJBJdSUfCZpzUwCLcB/s72-c/Edukasi_Penelitian.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2016/05/ketika-anak-meneliti-persoalan-sendiri.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2016/05/ketika-anak-meneliti-persoalan-sendiri.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy