Kelambu untuk Gardu

Gardu Listrik PLN
LAYANG-LAYANG masih menjadi momok bagi industri kelistrikan di Pontianak, Kalimantan Barat. Itu lantaran permainannya menggunakan tali berkawat. Aliran listrik pun spontan terputus akibat hubungan pendek begitu tali kawat layang-layang mengenai jaringan transmisi.

“Kawat merupakan konduktor (pengantar listrik) sehingga aliran positif dan negatif bertemu, dan mengakibatkan korsleting,” kata Manajer Transmisi dan Distribusi PT PLN Kalimantan Barat Joko Pitoyo saat memaparkan kondisi kelistrikan di Kalimantan Barat dalam Berbuka Puasa bersama Wartawan, Rabu (22/6).

Tali kawat layang-layang dibuat dari bekas tali rem sepeda motor. Serabut kawat tersebut dipintal hingga menjadi kawat berduri untuk disambung dengan benang. Pemain menggunakan tali berkawat untuk menyauk atau meraih layang-layang aduan yang putus di udara.

Layang-layang menjadi persoalan klasik yang acap kali dituding oleh PLN sebagai biang kerok biarpet walaupun itu terjadi pada tengah malam. Tali kawat dari layang-layang yang putus masih menyangkut di jaringan sehingga lama-kelamaan menyentuh aliran listrik. Begitu alasan yang sering dikemukakan perusahaan penyedia setrum tersebut.   

“Tapi, burung (hinggap) dan ranting pohon yang mengenai jaringan listrik serta kondisi cuaca buruk juga bisa menyebabkan terjadinya pemadaman,” lanjut Joko.

PLN pun akhirnya menggunakan jaring dari tali untuk menghalangi layang-layang agar tidak mengenai instalasi di gardu induk yang bisa mengakibatkan pemadaman total. “Hanya di Kalimantan Barat ada gardu induk berkelambu,” seloroh Joko.

Pemerintah Kota Pontianak melalui Peraturan Daerah (Perda) No 15/2005 sebetulnya sudah melarang keras permainan layang-layang. Kecuali, layang-layang hias saat festival layang-layang. Razia dan sanksi hukum juga telah dikenakan, namun tidak membuat para pemain jera. 

Selain mengganggu aliran listrik, permainan layang-layang juga mengakibatkan korban luka hingga meninggal dunia. Benang gelasan dari layang-layang yang putus menjerat leher pengguna sepeda motor sehingga mereka terjatuh atau menabrak kendaraan lain. Pemain layang-layang aduan biasa mengunakan alat yang dimodifikasi dari bekas gerinda sebagai gelendong agar bisa cepat mengulung benang.   

Pemerintah Kota Pontianak pun berjanji akan mengefektifkan pelaksanaan perda pelarangan permainan layang-layang, mengingat sudah jatuh banyak korban. “Ditengarai permainan ini juga dijadikan ajang perjudian. Untuk itu, saya juga akan mengeluarkan Peraturan Wali kota mengenai larangan bermain layang-layang,” tegas Walikota Pontianak Sutarmidji, beberapa waktu lalu.

General Manajer PT PLN Wilayah Kalimantan Barat Bima Putrajaya memastikan Kota Pontianak dan wilayah di sekitarnya saat ini aman dari ancaman pemadaman bergilir karena mengalami surplus sebesar 25 megawatt saat beban puncak.

“Tidak ada defisit (pemadaman) sepanjang tidak ada gangguan, dan gangguan terbesar itu berasal dari layang-layang,” jelasnya. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Kelambu untuk Gardu
Kelambu untuk Gardu
https://3.bp.blogspot.com/-9k628AzJGyo/WNKMvfu3EFI/AAAAAAAADI8/XrP2GG6ii0Q2VCRtf6aq-MUAsHq25qK3QCLcB/s200/Ekonomika_PLN.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-9k628AzJGyo/WNKMvfu3EFI/AAAAAAAADI8/XrP2GG6ii0Q2VCRtf6aq-MUAsHq25qK3QCLcB/s72-c/Ekonomika_PLN.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2016/06/kelambu-untuk-gardu.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2016/06/kelambu-untuk-gardu.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy