Arisan Sungai Pencegah Konflik

AWAL tahun menjadi hari tersibuk bagi pengurus Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Danau Lindung Empangau. Mereka harus mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan kepada warga desa. Begitu pula program kerja yang telah berjalan selama setahun harus dilaporkan pengurus. (BACA: Nilai Kemanusiaan dari Empangau)

Pertanggungjawaban digelar dalam sebuah rapat akbar di gedung pertemuan. Agenda yang dimulai pada pagi hari itu biasa berlangsung alot sehingga baru tuntas menjelang magrib. Namun, saat itu rapat berlangsung singkat. Peserta rapat bersuara bulat menerima laporan pertanggungjawaban pengurus. Sesi itu pun tuntas sebelum waktu salat Jumat tiba.

Sesi berikut dilanjutkan sekitar 2 jam kemudian. Rapat itu membahas larangan penggunaan jaring waring sebagai alat tangkap di seluruh perairan Kapuas Hulu, yang diberlakukan pemerintah setempat. Jaring bercelah rapat itu dianggap dapat mengancam keberlangsungan ekosistem sungai lantaran banyak anak ikan yang ikut terjaring.

Warga bersepakat mematuhi aturan itu sepanjang nelayan di wilayah lain juga mematuhinya, terutama yang berada di hulu sungai. Forum itu juga menyelesaikan konflik wilayah penangkapan ikan yang melibatkan dua warga setempat. 

Konflik dipicu keberatan seorang warga karena ada warga lain yang memasang alat tangkap di sungai di depan rumahnya. Dia kemudian merusak alat tangkap tersebut karena dianggap mengganggu dan dipasang tanpa seizinnya. (BACA: Melestarikan Kehidupan di Sungai Mati)

Arisan sungai
Rapat tahunan Pokmaswas Danau Lindung Empangau juga selalu disertai arisan sungai. Agenda itu paling ditunggu dan menjadi favorit warga. Keberuntungan mereka dalam mencari ikan selama setahun sangat ditentukan nasib baik pada saat itu. Arisan akan menentukan siapa yang berhak menangkap ikan di lokasi tertentu.

Ada sekitar 6 danau dan 11 anak sungai yang menjadi wilayah tangkapan favorit nelayan setempat. Lokasi-lokasi tersebut dikenal sebagai tempat ikan bersarang sehingga hasil tangkapan cukup menggiurkan. 

Di salah satu lokasi, misalnya, seorang nelayan bisa meraup penghasilan hingga Rp50 juta dalam satu musim penangkapan. Nelayan pun mengincar lokasi favorit tersebut dengan berharap keberuntungan dalam arisan sungai. 

Arisan menerapkan sistem lelang lokasi dengan mengundi kupon untuk menentukan pemenang. Mereka yang berminat harus membeli kupon senilai Rp1.000 selembar untuk setiap lokasi yang ditawarkan.

Nelayan banyak yang memborong hingga ribuan kupon demi memenangi arisan. Pemenang arisan kali ini, di antaranya, Redi untuk lokasi di Sungai Batang Setap dan Memet untuk di Sungai Peti Kolak. Redi memborong hingga 1.755 kupon dan Memet sebanyak 1.621 kupon.

"Tidak selalu yang punya banyak (kupon) itu beruntung. Orang yang cuma membeli 5-10 kupon pun sering juga menang," ujar Sahri, nelayan setempat. 

Pemenang arisan akan dikenai sumbangan masing-masing Rp100 ribu untuk setiap lokasi yang dimenangi. Sumbangan tersebut beserta hasil penjualan kupon akan dimasukkan ke kas pokmaswas.

Penetapan pemenang dalam arisan mengikat seluruh nelayan. Mereka tidak boleh menangkap ikan di lokasi yang telah dimenangi nelayan lain. Ketentuan tersebut berlaku selama setahun atau hingga arisan berikutnya. Namun, nelayan yang belum beruntung tidak perlu khawatir karena masih banyak lokasi penangkapan di sekitarnya.

Arisan sungai diterapkan untuk mencegah penangkapan berlebihan di lokasi tertentu. Tradisi itu juga menjadi satu di antara model resolusi konflik yang diterapkan warga dalam mengelola sumber daya alam. "Agar nelayan tidak berebut wilayah tangkapan," tegas Agus. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Arisan Sungai Pencegah Konflik
Arisan Sungai Pencegah Konflik
https://1.bp.blogspot.com/-dsT58zJX9jo/WGBE9BNyhMI/AAAAAAAABAQ/38scWtjegtMxJBJ4INl9xViJ1sk3dL8pwCLcB/s200/Arisan%2BSungai_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dsT58zJX9jo/WGBE9BNyhMI/AAAAAAAABAQ/38scWtjegtMxJBJ4INl9xViJ1sk3dL8pwCLcB/s72-c/Arisan%2BSungai_1.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2016/11/arisan-sungai-pencegah-konflik.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2016/11/arisan-sungai-pencegah-konflik.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy