Bertempur Memajukan Pendidikan di Perbatasan

TNI di Perbatasan
PARA tentara yang bertugas di wilayah perbatasan, sesungguhnya mereka ialah para pahlawan bangsa. Mereka tidak hanya bertugas menjaga keamanan wilayah perbatasan, tetapi juga ikut membangun wilayah perbatasan dengan menjadi pengajar. Hal itu yang dilakukan para prajurit yang bertugas di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat.

Perjalanan jauh harus ditempuh Alex Gunawan dengan berjalan kaki saat ke sekolah. Semangatnya tidak pernah surut lantaran kehadirannya selalu ditunggu-tunggu setiap hari. 

Cara mengajar Alex dinilai cukup kreatif sehingga disenangi para siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Senaning di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Alex berpangkat Prajurit Satu (Pratu) dari Yonif 312/Kala Hitam, Subang, Jawa Barat. Kesatuan tempur ini ditugaskan menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar) sejak Januari lalu.

Mengajar di sekolah menjadi tugas pokok Alex selain mengamankan perbatasan negara. Dia mengampu bidang studi bahasa inggris dan Indonesia serta pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK).

Keberadaan Alex mengatasi kekurangan guru yang hanya berjumlah tujuh orang di SD Negri 01 Senaning. Pengalaman membaur bersama anak didik kerap mengharukan mengingat kehidupan mereka yang terpencil dengan fasilitas serbaterbatas.

“Mereka tidak menyangka ada tentara bisa mengajar karena tahunya tugas tentara itu hanya berperang,” kata Alex, beberapa waktu lalu. 

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia di Kalbar ditempatkan di sepanjang 966 kilometer garis sempadan negara. Teritorium tersebut meliputi areal sekitar 2 juta hektare di 5 kabupaten, 15 kecamatan, dan 98 desa.

Satgas Pamtas berada di bawah Komando Operasi Kodam Tanjungpura. Ada dua satgas yang ditempatkan di Kalbar. Mereka berasal dari kesatuan tempur TNI Angkatan Darat yang selalu berganti setiap sembilan bulan. Selain Yonif 312/Kala Hitam, ada Yonif 144/Jaya Yudha dari Rejang Lebong, Bengkulu, yang ditempatkan di Kalimantan Barat saat ini.

Pembinaan teritorial
Di samping tugas kemiliteran, mereka melakukan pembinaan teritorial terhadap masyarakat setempat, di antaranya melalui bidang pendidikan dan pengajaran. Pembinaan teritorial bahkan dianggap sebagai tugas utama yang sejajar dengan tugas pertempuran.

“Selain di sekolah, saya juga mengajar anak-anak mengaji di musala,” kata Sertu Rakjab, anggota Satgas Pamtas dari Yonif 144/Jaya Yudha, yang mengajar di SD Negeri 01 Aruk di Kabupaten Sambas.

Mengajar di sekolah juga dilakoni sejumlah personel yang bertugas di 59 pos pengamanan perbatasan negara di Kalbar, termasuk 29 pos di Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu. Mereka sudah dipersiapkan sejak dini untuk mengajar sebelum penempatan pasukan di perbatasan.

“Hampir seluruh pos melaksanakan tugas mengajar di sekolah, kecuali yang terlalu jauh dari perkampungan,” ujar Komandan Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam Letkol Yusuf Rizal.

Selain satgas pamtas, ada pula anggota koramil yang mengajar di beberapa sekolah di perbatasan. Sebutlah Harjo, 50, anggota Koramil 03 Batang Lupar di Kapuas Hulu.

Prajurit berpangkat Pembantu Letnan Dua (Pelda) ini bahkan mengajar di dua sekolah, yakni SD Negeri 15 Manggin dan SD Negeri 03 Kapar di Kecamatan Batang Lupar.

Harjo mengampu pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan IPS serta pembina pramuka. Seperti anggota Satgas Pamtas, dia juga tetap menggunakan seragam loreng saat di sekolah. Itu karena mengajar dianggap sebagai dinas resmi di luar tugas kemiliteran.

“TNI memang memiliki program mengajar (guru bantu) untuk daerah perbatasan,” kata tentara yang juga menjadi guru saat bertugas di Timor-Timur tersebut. (Aries Munandar)   lihat juga di sini 

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Bertempur Memajukan Pendidikan di Perbatasan
Bertempur Memajukan Pendidikan di Perbatasan
https://2.bp.blogspot.com/-NkGbp8L7RmQ/WFGoCVbX6eI/AAAAAAAAAn0/JocbNbsimdEsO77p19rIXdHA18lIXrCSgCLcB/s200/IMG-20161106-WA0051.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NkGbp8L7RmQ/WFGoCVbX6eI/AAAAAAAAAn0/JocbNbsimdEsO77p19rIXdHA18lIXrCSgCLcB/s72-c/IMG-20161106-WA0051.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2016/11/bertempur-memajukan-pendidikan-di.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2016/11/bertempur-memajukan-pendidikan-di.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy