Bekas Pembalak Ingin Jadi Pengusaha Kayu

Harman di lokasi pembibitan jabon miliknya
RABU, 5 Juni 2013, menjadi hari nahas bagi Harman. Sepasukan aparat keamanan bersenjata lengkap mengepung wilayah kerjanya. Harman tidak berkutik. Dia diringkus bersama puluhan batang kayu tebangan sebagai barang bukti kejahatan. Harman pun kemudian meringkuk di penjara akibat membalak hutan.

“Saya divonis 6 bulan penjara dan dibebaskan pada 12 Januari 2014,” ungkap Harman saat membuka pembicaraan.

Harman seorang pembalak sekaligus penampung kayu ilegal di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Belian (ulin), bengkirai, dan berbagai jenis kayu kelas wahid dirambahnya dari hutan di sekitar dan di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Lebih dari Rp5 juta bisa dia raup dari bisnis tersebut setiap bulan.

Pekerjaan yang digelutinya sekitar 10 tahun itu harus berakhir di tangan aparat penegak hukum. Harman kapok karena tidak ingin meringkuk lagi di penjara. Alih profesi pun dilakukan selepas menjalani masa hukuman. Harman menjadi nelayan sekaligus pengepul ikan.

Warga Dusun Tanjunggunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, itu juga tengah merintis budi daya jabon. Dia membibitkan jabon merah dan jabon putih untuk ditanam di lahan seluas 7 hektare milik kelompok tani setempat. (BACA: Berangkulan Menjaga Taman Nasional)

Sebagai pemain baru, jatuh-bangun pun dirasakan Harman saat merintis usaha tersebut. Ribuan bibit jabonnya pernah mati dan membusuk lantaran benih kedaluwarsa. Namun, Harman tidak putus asa. Dia membibitkan kembali jabon dari benih lain yang lebih berkualitas. Kini, benih itu telah menjadi anakan jabon yang siap ditanam. Ketua Kelompok Tani Muara Palung tersebut pun bertekad merintis usaha jabon hingga sukses.

“Saya ingin kembali menjadi pengusaha kayu, tapi dari bertanam jabon bukan membalak di hutan. Ini baru namanya pengusaha kayu yang sebenarnya,” ujarnya sembari tersenyum.

Harman, yang biasa disapa Bang Har, juga menjadi motor dari para pegiat konservasi di Tanjunggunung. Bersama warga kampung, dia mereboisasi kawasan pantai dan mengembangkan pertanian organik. Kegiatan tersebut didukung Balai TNGP melalui program fasilitasi masyarakat. (BACA: Menjadi Teman Curhat Warga)

Kepala Balai TNGP Dadang Wardhana mengakui pembalakan di taman nasional tersebut hingga saat ini masih terjadi. Namun, aktivitas itu sudah sangat jarang dan berskala relatif kecil. Lokasi yang dibalak pun jauh di luar zona inti. “Dahulu hampir setiap minggu pasti ada laporan (kasus pembalakan),” ujarnya.

Jumlah personel dan prasarana yang tidak sebanding dengan luas kawasan menjadi kendala utama pengawasan di TNGP. Karena itu, Balai TNGP merangkul warga setempat untuk ikut melestarikan kawasan tersebut. Melalui program fasilitasi masyarakat, Balai TNGP juga memberdayakan warga setempat dengan kegiatan ekonomi produktif.

Program tersebut membidik enam lokasi yang selama ini dikenal sebagai daerah bekas kantong pembalak liar di Kayong Utara dan Ketapang. Lokasi tersebut berada di Desa Sejahtera, Sedahan Jaya, Riam Merasap, Batubarat, Matan Jaya, dan Desa Sampurna.

“Pendekatan represif tidak membuat masyarakat mendukung pelestarian. Mereka tetap saja bergantung pada (eksploitasi) sumber daya alam karena faktor ekonomi,” jelas Dadang. (Aries Munandar)   lihat juga di sini

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Bekas Pembalak Ingin Jadi Pengusaha Kayu
Bekas Pembalak Ingin Jadi Pengusaha Kayu
https://2.bp.blogspot.com/-k3U0OXlxGBY/WFJ55zBCLgI/AAAAAAAAAqY/Roae33TL3igCFufVohswU7OXfdEsyzSEwCLcB/s320/Bibit%2BJabon_Blog.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-k3U0OXlxGBY/WFJ55zBCLgI/AAAAAAAAAqY/Roae33TL3igCFufVohswU7OXfdEsyzSEwCLcB/s72-c/Bibit%2BJabon_Blog.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2016/12/blog-post_15.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2016/12/blog-post_15.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy