Keberkatan Hiasan Abadi Imlek

Tradisi Imlek
Bawang putih dianggap sebagai simbol keuntungan berlipat sehingga dihias sedemikian rupa sebagai pernak-pernik Imlek.

ARIES MUNANDAR

KESIBUKAN Rosina Fardimin memuncak. Pesanan pelanggan terus berdatangan hingga sepekan menjelang tahun baru Imlek. Walaupun begitu, pemilik usaha pembuatan korden itu tetap menyempatkan diri untuk membersihkan rumah.

“Seluruh ruangan dibersihkan. Lantai, dinding hingga langit-langit,” kata Rosina saat ditemui di kediamannya di Jalan Sumatra No 42 C, Pontianak, Rabu (25/1).

Membersihkan rumah menjadi agenda wajib bagi keluarga Rosina saban menjelang perayaan Imlek. Aktivitas itu tidak hanya bertujuan agar kediaman mereka terlihat bersih dan kinclong, tetapi juga terkait dengan sebuah kepercayaan turun-temurun.

Menurut kepercayaan warga Tionghoa, para dewa yang bersemayam di bumi bakal naik ke surga saat sepekan menjelang perayaan Imlek. Mereka melaporkan kondisi kehidupan di dunia kepada Tuhan. Agar mendapat penilaian terbaik, warga Tionghoa pun berlomba memperindah kediaman mereka, sekaligus sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan.

Perempuan 53 tahun ini pun tidak lupa menghiasi kediaman mereka dengan pernak-pernik khas Imlek. Ada deretan nanas merah yang di panjang di beranda. Ada pula jeruk mandarin dan bawang putih yang ditempatkan di meja. Pelbagai aksesori ini menambah kesemarakan dan simbol keceriaan dalam menyambut pergantian tahun menurut penanggalan Tiongkok.

“Keceriaan dilambangkan dengan warna pernak-pernik yang didominasi merah, kuning keemasan, dan warna-warna cerah,” ujar Rosiana alias Huam Pue Hian.

Rezeki dan kesuksesan
Nanas merah yang digunakan Rosina hanya berupa replika buah yang terbuat dari kertas. Banyak pula warga Tionghoa yang menggunakan tanaman hidup. Tanaman berukuran mini lengkap dengan buahnya itu ditempatkan di pot untuk dipajang di ruang utama.

“Memakai tanaman (hidup) bisa, pakai hiasan pun tidak apa-apa. Kami juga biasa pakai yang tanaman,” kata Cia Yaw Song, suami Rosina. 

Nanas merah disebut juga wang lai dalam dialek Tiochiu, yang artinya kejayaan datang atau menghampiri. Dengan menilik makna pada penamaannya, Rosina dan Yaw Song berharap kejayaan atau kesuksesan akan selalu menyertai mereka sepanjang tahun.

Begitu pula pemajang jeruk dan bawang putih. Jeruk disebut taikit atau ta ci. Pelafalannya semakna dengan keberuntungan. Sementara itu, bawang putih dikenal dengan seng thau, sebutan yang sepadan dengan makna menghitung pemimpin.

Rosina seperti kebanyakan subetnik tiochiu mengaitkan makna seng atau menghitung tersebut dengan urusan keuangan. Dia pun menempatkan bawang putih hias di meja ruang depan di kediamannya yang merangkap sebagai tempat usaha. “Diletakkan di dekat kas (laci) biar keuntungan ngumpul,” ujarnya sembari tersenyum.

Jeruk dan bawang putih dipajang dalam bentuk segar. Agar terlihat cantik dan menarik, kedua produk pertanian itu dihiasi dengan pita berwarna-warni. Kemudian disusun sedemikian rupa di wadah khusus. Tidak hanya itu, bawang putih disemprot dengan cat keemasan.

“Warna emas itu warna yang baik, bagus, dan cerah. Emas pun lambang kejayaan,” kata Rosina yang membuat sendiri bawang putih hias.

Hiasan abadi
Bawang putih hias disusun dalam jumlah tertentu. Ada yang terdiri atas 5, 8, 10, dan 12 butir dalam satu nampan. Namun, formasi hiasan ini kebanyakan berjumlah genap sebagai simbol berpasangan atau kesempurnaan. “Sebaiknya jangan lima karena (angka) ganjil. Jadi, kurang bagus (maknanya),” jelas Yaw Song.

Bawang putih termasuk pernak-pernik abadi Imlek. Hiasan itu terus dipanjang hingga hampir setahun karena awet. Ia baru disingkirkan manakala siung mulai mengerut dan mengering hingga tersisa kulitnya.

Selain sebagai hiasan saat Imlek, bawang putih kerap digunakan warga Tionghoa dalam persembahyangan untuk Dewa Bumi. Ritual itu biasa digunakan kalangan dunia usaha untuk memohon keberkatan dalam berbisnis. “Supaya karyawan lebih rajin dan berloyalitas tinggi terhadap perusahaan,” kata pemerhati budaya Tionghoa NG Eng Kwang saat dihubungi, Rabu.

Menurutnya, penggunaan bawang putih sebagai hiasan Imlek ialah tren baru. Itu disebabkan tradisi ini tidak dikenal atau tidak memiliki akar budaya dan sejarah di tanah leluhur mereka di daratan Tiongkok.

“Berbeda dengan jeruk, ada makna dan tujuannya. Lagian, jeruk ada di hampir seluruh daratan Tiongkok Selatan dengan ukuran dan rasa berbeda-beda,” jelas Eng Kwang yang kini menetap di Jakarta.

Dia menduga tradisi tersebut diadopsi dari budaya Barat atau Eropa yang meyakini bawang putih bisa mengusir roh jahat. Namun, Eng Kwang tidak menampik ada pula warga Tionghoa yang mengaitkan tradisi ini dengan makna dari penamaan bawang putih, yakni sheng thau. Dia pun menghargai pemahaman seperti itu. “Selama yang menjalaninya happy, dan tidak menggangu orang lain, ya oke-oke saja,” pungkasnya. 

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Keberkatan Hiasan Abadi Imlek
Keberkatan Hiasan Abadi Imlek
https://3.bp.blogspot.com/-oasQWoWryK4/WI9GwOxE-DI/AAAAAAAACR8/hgxHZR8JUOcseQMiVf1r87IWvLgwIkiWQCLcB/s200/Bawang%2BPutih%2BHias_1.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-oasQWoWryK4/WI9GwOxE-DI/AAAAAAAACR8/hgxHZR8JUOcseQMiVf1r87IWvLgwIkiWQCLcB/s72-c/Bawang%2BPutih%2BHias_1.JPG
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2017/01/keberkatan-hiasan-abadi-imlek.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2017/01/keberkatan-hiasan-abadi-imlek.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy