Berakit-rakit Dahulu, Jembatan Kemudian

RAKIT bambu menjadi urat nadi di Dusun Unyak di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Keberadaannya menentukan nasib pendidikan warga karena diandalkan para siswa untuk menyeberang saat bersekolah.

Begitu pula akses pelayanan kesehatan dan aktivitas lainnya mengandalkan rakit sebagai sarana penyeberangan. “Sekali bawa (menyeberang) bisa empat hingga lima sepeda motor setiap rakit,” kata Buijin, 72, warga setempat.

Namun, deretan rakit bumbu kini hanya terparkir begitu saja di pinggir Sungai Landak. Mereka tidak lagi hilir mudik menyeberangi sungai berair jernih tersebut. Setelah puluhan tahun melayani warga, seluruh sarana penyeberangan itu harus berhenti beroperasi.

Rakit bambu tidak lagi diandalkan warga saat menyeberangi Sungai Landak selebar 30 meter tersebut. 

Keberadaan rakit bambu digantikan dengan jembatan gantung yang diresmikan Gubernur Kalbar Cornelis pada Rabu (25/1) lalu.

Pembangunan jembatan di dusun yang berada di Desa Sempatung, Kecamatan Air Besar, itu telah lama diimpikan warga sebagai pembuka keterisolasian. 

Walaupun siap melayani warga sepanjang hari, rakit bambu tidak selamanya bisa diandalkan. Alat transportasi itu bakal berhenti beroperasi pada saat musim air pasang tinggi. Arus deras bisa menyeret dan menghanyutkan rakit beserta muatannya.

Jembatan Unyak membentang lebih dari 60 meter di atas Sungai Landak dan menghubungkan Dusun Unyak dengan Kuningan. 

Jembatan gantung selebar 3 meter itu ditopang dengan jalan akses sepanjang 30 meter. Pengerjaaannya selama setahun dengan pagu anggaran Rp1 miliar.

Pengerjaan Jembatan Unyak bagian dari proyek pembangunan jalan di Air Besar pada 2013-2016. Jalan yang dibangun di antaranya ruas Serimbu-Betung-Tengon, dan Serimbu-Mangar-Nyari.

“Ada sekitar Rp55 miliar yang dianggarkan pemprov untuk membangun ruas jalan di wilayah Air Besar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Landak Erani.

Jalan beserta jembatan gantung itu memperlancar mobilisasi warga Unyak dan wilayah di sekitarnya. Mereka bisa kapan saja bepergian tanpa harus antre atau menunda keberangkatan gara-gara rakit tidak beroperasi karena air sedang pasang tinggi.

Jalan dan jembatan di Unyak juga merupakan sarana vital bagi negara sekaligus akses menuju perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, dan di Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

“Tolong dijaga baik-baik jembatan ini. Jangan ada yang mengambil baut dan kawatnya, atau malah membuka lantainya. Besinya juga jangan sampai dikilo (dipereteli untuk dijual),” pesan Cornelis kepada warga. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Berakit-rakit Dahulu, Jembatan Kemudian
Berakit-rakit Dahulu, Jembatan Kemudian
https://1.bp.blogspot.com/-LIkSL7S29Y8/WJmtZiQBiLI/AAAAAAAACmQ/clalyXzK_i8XTTHDmrhcW0Hh33JGLg2GQCLcB/s200/Jembatan%2BUnyak_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LIkSL7S29Y8/WJmtZiQBiLI/AAAAAAAACmQ/clalyXzK_i8XTTHDmrhcW0Hh33JGLg2GQCLcB/s72-c/Jembatan%2BUnyak_1.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2017/02/berakit-rakit-dahulu-jembatan-kemudian.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2017/02/berakit-rakit-dahulu-jembatan-kemudian.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy