Merawat Keberagaman di Rumah Panjang

Keluarga Muslim di Rumah Panjai
SEBAIT doa dilafalkan Ilham dengan pelan dan terbata. Dia mengikuti arahan dari Siti Khadijah, ibunya. Alfatihah dan beberapa surah pendek pun meluncur dari mulutnya seusai melafalkan doa menjelang tidur tersebut. Walaupun malam mulai larut, Ilham belum mengantuk dan masih ingin bermain.

“Dia tadi sudah tidur sejak selepas Magrib dan baru saja terbangun,” kata Khadijah sembari menurunkan putranya dari ayunan.

Ilham masih harus diayun seperti adiknya, Lesra, 5, manakala hendak tidur. Kedua ayunan mereka berada di ruang utama keluarga. Bocah berusia 7 tahun itu akhirnya tidur sejam kemudian, setelah pindah ke kamar keluarga dan menyusul adiknya yang telah pulas duluan. Doa menjelang tidur pun kembali dilafalkan Ilham.

Khadijah bersama keempat anaknya tinggal di rumah panjai di Dusun Sungaipelaik, Desa Melemba, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah panjai ialah sebutan untuk rumah panjang (betang) dalam dialek Dayak Iban. Keluarga Khadijah menempati bilik kedua dari 11 bilik di rumah tradisional tersebut. Mereka merupakan keluarga muslim satu-satunya di rumah panjai Sungaipelaik.

Khadijah lahir dan dibesarkan di rumah panjai hingga menikah dan pindah ke desa lain karena mengikuti suami. Dia kembali ke komunitasnya setelah orangtuanya meninggal dunia sekitar setahun lalu. “Bilik ini tidak ada yang menempati karena saya anak tunggal,” ujar Khadijah, Kamis (25/5).

Perempuan kelahiran 1973 itu mengaku tidak mengalami masalah selama tinggal di rumah panjai yang mayoritas penghuninya beragama Katolik. Semua ibadah rutin dijalankan Khadijah dan anak-anaknya dengan khusyuk. Dia bahkan aktif di kelompok pengajian di desa tetangga.

Keluarga ini juga tetap menghargai budaya leluhur mereka. “Kalau ada ritual adat, kami melihat (menyaksikan) saja,” tutur Khadijah.

Sikap toleransi juga ditunjukkan mayoritas penghuni rumah panjai. Begitu pun untuk urusan makanan. Warga menyajikan yang halal menurut Islam kepada Khadijah atau tamu muslim lainnya.

“Soal perbedaan agama, biasa saja. Orang Iban juga banyak yang Islam. Kita tidak boleh membeda-bedakan (diskriminatif) karena agamanya,” jelas Kaya, anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Melemba, yang juga penghuni rumah panjai Sungaipelaik.

Sikap serupa pun ditanamkan Khadijah kepada anak-anaknya. Apalagi, putra tertuanya Rendi, 23, penganut Katolik. Rendi merupakan anak Khadijah dari suami pertama yang juga seorang muslim. Dia sejak kecil diasuh kakek-neneknya di rumah panjai.

“Kalau dapat babi hutan, saya masak dan makannya di tempat lain, tidak dibawa ke rumah (bilik),” ujar Rendi.

Khadijah kembali bermukim di rumah panjai karena tuntutan hidup. Dia harus menafkahi keluarga karena Yusuf, suami keduanya, meninggal dunia akibat tumor ganas sekitar lima tahun lalu. Selain berkebun karet dan kopi, Khadijah menjadi penenun untuk memenuhi kebutuhan keluarga. (Aries Munandar)

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Merawat Keberagaman di Rumah Panjang
Merawat Keberagaman di Rumah Panjang
https://3.bp.blogspot.com/-3lY27eWWetc/WS6Bc8Z7a0I/AAAAAAAADSE/RhSMeNU6y3oscHa1gtKCwwnOoiUOi0rRACLcB/s200/Realitas_Muslim%2BRumah%2BPanjai.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-3lY27eWWetc/WS6Bc8Z7a0I/AAAAAAAADSE/RhSMeNU6y3oscHa1gtKCwwnOoiUOi0rRACLcB/s72-c/Realitas_Muslim%2BRumah%2BPanjai.JPG
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2017/05/merawat-keberagaman-di-rumah-panjang.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2017/05/merawat-keberagaman-di-rumah-panjang.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy