Si Mungil Bernasib Getir

Kukang
LARUTAN norit diteteskan melalui jarum suntik ke mulutnya yang mungil. Asupan itu diselingi pemberian larutan prebiotik untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi getir di mulut kukang tersebut. Dia diobati karena menderita diare berat.

“Kondisi kesehatannya buruk sekali karena mengalami malnutrisi hingga diare, kata Koordinator Tim Medis Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang Sulhi Aufa, yang merawat kukang tersebut, Jumat (14/4).

Primata bernama Latin Nycticebus sp itu diselamatkan dari sebuah wahana wisata (resor) di Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, sehari sebelumnya. Tim penyelamat yang terdiri atas petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat dan YIARI menemukan 10 dari 17 ekor kukang yang dilaporkan sebelumnya. Tiga ekor di antara mereka ditemukan dalam kondisi sudah menjadi bangkai kering.

“Tidak ada informasi jelas mengenai keberadaan tujuh ekor kukang lainnya,” ungkap Staf Media dan Komunikasi YIARI Ketapang Heribertus Suciadi.

Nasib ketujuh kukang yang dievakuasi memang lebih beruntung karena cepat diselamatkan dan ditangani petugas. Namun, mereka harus menjalani perawatan intensif akibat buruknya pemeliharaan selama ini.

Pengelola resor menempatkan primata-primata tersebut di area terbuka dan bersebelahan dengan genset yang menyala seharian. Tempat pemeliharaan mereka juga diberi lampu penerangan. Kukang-kukang itu pun diduga stres sehingga kehilangan nafsu makan karena ditemukan pisang yang membusuk dan berserakan di lokasi.

“Peluang pemulihannya fifty-fifty karena masih harus menjalani perawatan intensif,” ujar Sulhi sembari memberi larutan norit ke seekor kukang.

Pelaku bebas
Resor yang memelihara belasan kukang itu berada di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia. Jaraknya sekitar 90 kilometer atau 4-5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat dari ibu kota Kabupaten Sambas. Walaupun infrastrukturnya masih serbaterbatas, daerah itu mulai dikembangkan menjadi objek wisata karena memiliki pantai indah.

Pemilik atau pengelola tidak berada di tempat saat tim mengevakuasi kukang dari resor tersebut. Meski kondisi kukang memprihatinkan, tidak ada ancaman atau sanksi hukum bagi pengelola. Petugas menjelaskan hal itu dilakukan karena mereka mengutamakan pendekatan persuasif untuk menyelesaikan persoalaan ini.

“Upaya hukum menjadi alternatif terakhir. Kami akan melakukan pendalaman dan penyadartahuan. Mungkin mereka tidak tahu ini merupakan satwa dilindungi,” kata Wakil Koordinator Gugus Tugas Tumbuhan dan Satwa Liar BKSDA Kalimantan Barat Taufikurohman.

Dia menambahkan status kukang-kukang tersebut merupakan serahan dari masyarakat dan disita negara. Berita acara penyerahannya ditandatangani NN Setiawan yang mengaku sebagai pemelihara. “Saya tidak tahu siapa pengelolanya (resor). Namun, kukang-kukang tersebut merupakan peliharaan pribadi.”

Wakil Bupati Sambas Hairiah mengaku belum bisa memastikan legalitas pengelolaan resor yang memelihara kukang di Temajuk. Namun, dia mendukung penuh tindakan penyelamatan satwa yang dilindungi tersebut. Begitu pula upaya penegakan hukum terhadap pelaku yang mengeksploitasi satwa demi menarik wisatawan.

“Nanti kami cek, apakah punya izin atau tidak. Jangan sampai mereka membangun (resor) tapi ternyata tidak memiliki izin,” kata Hairiah di kesempatan terpisah.

Tim penyelamat sekitar sepekan sebelumnya juga mengevakuasi dua kukang di Pontianak dan Kubu Raya. Para pelakunya pun tidak ditindak. Kedua kukang bersama tujuh ekor lainnya dari Sambas tersebut selanjutnya dibawa ke Ketapang untuk dirawat di Pusat Penyelamatan dan Konservasi Orang Utan. (Aries Munandar)   LANJUT KE: Predator Pertama yang Terus Diburu

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,45,Inspirasi,34,Jelajah,20,Realitas,16,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,58,
ltr
item
PeladangKata: Si Mungil Bernasib Getir
Si Mungil Bernasib Getir
https://2.bp.blogspot.com/-Xx7Hvx_OQTU/WRnjlNZcK_I/AAAAAAAADRQ/7nRTZMSr-d0XZuFwAnuNMnc0rEhn0MBOQCLcB/s200/Ekologi_Kukang_1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Xx7Hvx_OQTU/WRnjlNZcK_I/AAAAAAAADRQ/7nRTZMSr-d0XZuFwAnuNMnc0rEhn0MBOQCLcB/s72-c/Ekologi_Kukang_1.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2017/05/si-mungil-bernasib-getir.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2017/05/si-mungil-bernasib-getir.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy