Berburu Matahari Senja di Pesisir Utara

Panorama matahari terbenam (sunset) menemani perjalanan dari Mempawah-Singkawang di Kalimantan Barat, saat petang. Wisatawan pun menikmati dan mengabadikannya sembari beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan.  

Aries Munandar

MATAHARI di kala senja selalu menakjubkan untuk dinikmati. Pesonanya menghadirkan kegemerlapan cakrawala melalui gradasi warna, dan membangkitkan romantika suasana. Efek bayangan hitam (siluet) yang dihasilkan juga menyuguhkan kesan tersendiri. Legam dan elegan.

Fenomena alam saat pergantian siang ke malam itu terlukis di sepanjang perjalanan dari Mempawah-Singkawang, Kalimantan Barat. Detik-detik menjelang matahari terbenam (sunset) bisa dinikmati di beberapa lokasi, di antaranya di Kecamatan Sungaikunyit. Wilayah ini berada di tengah-tengah antara Pontianak dan Singkawang. Jarak dari kedua kota utama di Kalimantan Barat tersebut sekitar 70-80 kilometer.

Pantai Kelapa atau Kelapa Beach menjadi satu di antara pilihan untuk menikmati keindahan sunset di Sungaikunyit. Lokasi ini boleh dibilang sebagai titik terbaik untuk menikmati dan mengabadikan sunset. Selain pemandangan lepas ke arah Laut Natuna, landsekap dan bangunan di sekitarnya menjadi objek menarik untuk diabadikan saat sunset menjelang.

Kelapa Beach sejatinya merupakan sebuah komplek wisata berupa restoran dan kafe di pinggiran pantai. Pengelola juga menyiapkan fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Walaupun begitu, pengunjung umum diperbolehkan menikmati suguhan alam di lokasi tersebut.


Menikmati sunset dengan lebih mudah bisa dilakukan di beberapa lokasi di sepanjang jalur utara Kalimantan Barat. Suasana tersebut serasa mengiringi perjalanan, terutama di beberapa lokasi bekas abrasi. Sunset jelas terlihat dari pinggiran jalan yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai.

Karena suasana dan keindahan fanoramanya, lokasi ini menjadi titik persinggahan favorit wisatawan maupun para pelintas. Mereka bisa menikmati sunset sembari bersantai menikmati makanan dan minuman di warung sepanjang jalan.

Pantai Kelapa Empat, dan Pantai Batu Susun menjadi persinggahan utama saat  perjalanan dari Pontianak-Singkawang, atau sebaliknya. Jalan raya di lokasi ini nyaris menjorok ke pantai akibat abrasi. Bebatuan pemecah ombak pun dipasang untuk mencegah meluasnya abrasi pantai.

Pantai Batu Susun dahulu dikenal sebagai Pantai Penibung atau Sengkubang. Penyebutan ini merujuk kepada lokasinya yang berada di Dusun Penibung, Desa Sengkubang, Kecamatan Sungaikunyit. 

Penamaan Pantai Batu Susun baru belakangan muncul setelah pemasangan penahan abrasi. Pantai ini kemudian juga dikenal sebagai Ancol-nya Mempawah, setelah dipasangi deretan batu pemecah ombak tersebut.


Pantai Legendaris
Kabupaten Mempawah juga memiliki pantai legendaris di Sungaikunyit. Pantai Kijing, namanya. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari jalan raya. 

Pantai ini sempat menjadi lokasi wisata primadona di Mempawah. Banyak warga dari Pontianak juga menjadikannya sebagai tujuan utama karena merupakan wisata pantai terdekat dari ibu kota Kalimantan Barat tersebut.                        
                                          
Kijing pun menjadi persinggahan alternatif bagi wisatawan atau pelintas jalan yang memiliki banyak waktu untuk melanjutkan perjalanan. Pesona pantai ini dikenal sejak puluhan tahun walaupun dengan pengelolaan seadanya. Kijing berpasir landai dengan keindahan deburan ombak, dan nyiur di sepanjang pantai.

Deretan nyiur yang melambai ditiup angin mengingatkan kita kepada lagu wajib nasional, Rayuan Pulau Kelapa, gubahan Ismail Marzuki. Kijing juga menyuguhkan pemandangan memukau saat matahari mulai terbenam dan bersembunyi di balik Pulau Temajo.

Namun, Pantai Kijing tidak lama lagi ditutup untuk umum. Lokasi ini bakal menjadi Terminal Pelabuhan Pontianak, yang rencananya mulai beroperasi sekitar pertengahan tahun depan. Akan tetapi, masih banyak alternatif untuk menikmati sunset di sepanjang kawasan ini. Termasuk, dari Pulau Temajo yang berada di seberang Pantai Kijing.

COMMENTS

Name

Beranda Negeri,34,Edukasi,12,Ekologi,55,Ekonomika,47,Inspirasi,34,Jelajah,23,Realitas,17,Riwayat,12,Tekno,11,Tradisi,60,
ltr
item
PeladangKata: Berburu Matahari Senja di Pesisir Utara
Berburu Matahari Senja di Pesisir Utara
https://4.bp.blogspot.com/-iVp3SHgTUsQ/Wwwfr3rgHdI/AAAAAAAAD0A/XBa5U-a7JCINEUTk3onMaqQN0cEkAdb8QCEwYBhgL/s200/Jelajah_Sunset_3.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-iVp3SHgTUsQ/Wwwfr3rgHdI/AAAAAAAAD0A/XBa5U-a7JCINEUTk3onMaqQN0cEkAdb8QCEwYBhgL/s72-c/Jelajah_Sunset_3.jpg
PeladangKata
http://www.peladangkata.com/2018/05/berburu-matahari-senja-di-pesisir-utara.html
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/
http://www.peladangkata.com/2018/05/berburu-matahari-senja-di-pesisir-utara.html
true
1600297275400218305
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy